Pokdarwis Desa Lontar (Akan) Sulap Situ Jadi Kawasan Destinasi Wisata

0

Serang: Harianexpose.com

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, akan menyulap Situ menjadi kawasan wisata. Pokdarwis merupakan salah satu organisasi yang berbasis masyarakat yang dapat membantu Pemerintah dalam melakukan sosialisasi dan implementasi unsur-unsur sapta pesona dalam kegiatan kepariwisataan di suatu daerah.

Hal itu seperti yang dilakukan Pokdarwis Desa Lontar yang diketuai oleh ikbal,  kepada media Harianexpose.com, ketika ditemui di kawasan wisata Situ Lontar, di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, pada Senin (7/03/202).

Berawal dari kebingungan dalam menganalisa pertumbuhan ekonomi di Desa Lontar, kata Ikbal, pendapatan desanya tidak meningkat. Hal ini yang memantik ardenalin kami sebagai Pokdarwis merasa terpanggil untuk hadir dan berperan serta dan ingin berkontribusi untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat Desa Lontar, dengan memanfaatkan objek-objek yang berpotensi menumbuh kembangkan pendapatan ekonomi masyarakat. Apalagi dalam masa pademi Covid-19 yang berkepanjangan ini dan kapan akan berakhir.

Menurut Ikbal, salah satunya situ inilah objek yang berpotensi dan selama ini tidak dikelola dengan baik. Karena sebelumnya hanya di kontrakkan kepada seseorang dan dapat dinikmati oleh segelintir orang saja.

“Maka hasil koordinasi dan birokrasi yang kami lakukan kepada instansi terkait, di dukung Muspika setempat, kami sebagai Pokdarwis Desa Lontar, situ lontar ini kami ubah menjadi kawasan wisata. Hal itu pun yang kami kelola permukaan situnya saja dengan menyajikan berbagai wahana air juga pesona alam terbuka dengan keelokan panorama alam dan keindahan Gunung Karang nan indah sejauh mata memandang,” beber Ikbal.

Di tempat yang sama, Sanan, sebagai konseptor wisata situ lontar mengatakan, pengelolaan ini belum maksimal dan masih banyak yang perlu dibenahi. Karena itu, kami sebagai pengelola menyajikan baru beberapa wahana yang dapat dinikmati pengunjung diantaranya perahu wisata, ,angsa goes dan sepeda air serta disiapkannya spot selfi juga angkringan yang tidak kalah menariknya. Menikmati semilir angin sore hari sambil menunggu sunset yang memanjakan mata.

Masih kata Sanan, dalam waktu dekat ini kami akan melakukan penghijaun dengan melakukan penaman pohon di sepanjang area situ untuk menambah keindahan kawasan wisata. Hal itu guna  mencipatkan kenyamanan bagi para pengunjung. Kegiatan penghijauan penanaman pohon ini atas nama Pokdarwis Desa Lontar yang membangun kemitraan dengan DPD Solidaritas Merah Putih (SOLMET) Kabupaten Serang, yang sudah menyiapkan 1.000 bibit pohon yang siap tanam di kawasan wisata situ lontar.

Sementara Plt. Sekretaris Desa Lontar, Edy, yang ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan, Pemerintah Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, sangat mendukung dengan adanya pengelolaan kawasan wisata Situ lontar yang dikelola Pokdarwis.

“Kami sebagai Pemerintah Desa Lontar tengahmenyiapkan unit-unit kawasan yang berpotensi sebelum terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang tentunya guna meningkatkan kesejahteraan warga Desa Lontar. Selain itu dapat mengurangi pengangguran masyarakat serta tumbuhnya perekonomian melalui UMKM yang ada di tengah masyarakat Desa Lontar,” terang Edy.

Reportase : Suprani.

Editor In Chief : Hairuzaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *