In Memoriam Soemantri, Wartawan Asal Kota Taucho Yang Gemar Diskusi Jurnalistik

Oleh ; Hairuzaman.
(Praktisi Pers Banrlen dan Direktur Griya Jurnalistik)

Wartawan senior Banten, Soemantri, menghembuskan nafasnya yang terakhir tadi malam, Selasa malam Rabu (24/5/2022) sekitar jam 23.47 WIB, di RSUD Provinsi Banten.

Sebelum Soemantri tutup usia, ia sempat berjibaku melawan penyakit asma yang di deritanya dan menggerogoti tubuhnya selama bertahun-tahun. Namun, kemarin pada Selasa (24/5/2022), Soemantri sudah dipanggil oleh Sang Pencipta alam semesta ini.

Soemantri meninggalkan satu orang istri dan dua orang putri yang sekarang bermukim di bilangan Cimuncang Warakas, Kelurahan, Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Lelaki kelahiran Kota Taucho, Cianjur, Jawa Barat, itu sudah puluhan tahun malang-melintang di dunia Jurnalistik dan bertugas di wilayah Provinsi Banten.

Soemantri masih sempat bertemu Penulis ketika acara buka puada bersama di Restauran Onoyasuki Jepang, di kawasan Kebon Jahe, Kota Serang, Kamis (2/4/2022), dalam rangka Press Conference bersama manajemen PT. Indah Kiat Serang.

Semasa hidupnya, Soemantri ketika bertemu dengan Penulis, paling gemar berdiskusi mengenai ilmu Jurnalistik. Ia tak segan-segan bertanya kepada Penulis terkait rumus menulis 5W + 1 H, Reportase Investigasi, Citizen Journalism (Jurnalisme warga), sampai persoalan-persoalan terkait reportase dan proses wawancara ketika seorang Reporter berada di lapangan.

Kini Penulis merasa kehilangan satu rekan profesi di dunia jurnalistik yang sering mengajak untuk berdiskusi terkait disiplin ilmu Jurnalistik. Soemantri telah pergi untuk menghadap Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Semoga almarhum husnul khatimah, diampuni segala dosa-dosanya dan ditempatkan di jannah-Nya, Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *