Prioritaskan Pelayanan, Walikota Cilegon Resmikan Kantor PTSP

0

CIKEGON, Harianexpiose.com

Dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik PT. Krakatau Bandar Samudera (KBS) sebagai operator Krakatau International Port (KIP) yang merupakan pelabuhan International Hub dan pelabuhan curah kering terbesar di Indonesia. Dimana beragam fasilitas semakin berkembang dan terus berinovasi dalam menunjang pelayanan kepada pengguna jasa transportasi laut.

Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) telah diresmikan oleh Walikota Cilegon, H Helldy Agustian, bertempat di Jl. Raya Anyer Km.13, Cigading, Banten, Rabu (3/11/2021).

Pelayanan yang terdapat di Kantor PTSP tersebut yaitu Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya
Pabean Merak, Kantor Badan Karantina Pertanian Kelas II Cilegon, Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten serta Kantor Imigrasi Kelas II TP.

Menurut Direktur Utama KBS Ciwandan, Kota Cilegon, Proovinsi Banten, M. Akbar Jhohan, kantor PTSP bertujuan untuk membangun zona integritas dan
layanan terintegrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi pengguna jasa.

Krakatau International Port (KIP) merupakan Pelabuhan Hub Internasional dan Curah
Terbesar di Indonesia, dengan kapasitas terpasang mencapai 25 juta ton per tahun yang terintegrasi dengan fasilitas logistik. Terletak di lokasi strategis di Selat Sunda. Dimana tercatta sekitar 53 ribu kapal melintas setiap tahunnya

Sehingga guna menunjang pelayanan kepada pengguna jasa transportasi laut saat ini, akan lebih efisien dan menghemat biaya dengan adanya Kantor PTSP. Lima instansi tersebut sepakat untuk membentuk Kantor PTSP.

“Selain Kantor PTSP, KIP sudah terintegrasi secara digital melalui sistem Krakatau International Port Solutions (KIPOS), yang dapat memberikan nilai
tambah berupa efisiensi dan meningkatkan produktivitas bagi pelayanan kapal dan kargo,” ungkap Direktur Utama KBS Cilegon, M. Akbar Jhohan.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian, mengatakan, tujuan peresmian kantor terpadu di PT. KBS untuk mempermudah pelayanan publik di bidang bongkar muat di pelabuhan Krakatau Bandar Samudera (KBS) Ciwandan. Kami sangat berterima kasih kepada KBS yang bisa membuka pelayanan terpadu di Ciwandan, Kota Cilegon .

Masih lanjut Helldy, di Kota Cilegon perusahaan industri tercatat berjumlah 216. Akan tetapi, Kota Cilegon paling banyak pengangguran.

Reportase : Babay S.

Editor In Chief : Hairuzaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *