Penilaian SDM Penyuluh, Petani dan Kelembagaan Penyuluh Tingkat Provinsi Banten

0

Serang, Harianexpose.com

Penilaian bagi Penyuluh, Petani dan Kelembagaan Penyuluh tahun 2022 tingkat Provinsi Banten terdiri dari 3 kategori antara lain, penyuluh swadaya, petani, dan penyuluh berprestasi. Sedangkan untuk penilaian tingkat Kabupaten Serang, bertempat di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, pada Senin (21/2/2022).

Sementara itu, para peserta terdiri dari kelompok tani (Poktan) dan lembaga penyuluh pertanian di masing-masing kecamatan. Penilaian akan dilakukan di tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Banten untuk mencari peserta terbaik di bidang penyuluh pertanian yang akan dilombakan di tingkat nasional.

Tim Penilai dari Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Bidang Prasarana (PSP), H. Marin SP, MM. Selain itu juga dari Dinas Pertanian Kabupaten Serang. Agung L. Saputra, S.ST, penilai insan teladan pertanian tahun 2022.

Kegiatan itu diharapkan dapat memotivasi seluruh insan pertanian maupun penyuluh pertanian. Selain itu, bisa memberikan informasi kepada petani atau masyarakat lainnya agar kita mau bersama yang berdampak kepada pendapatan para petani bisa meningkat dan tujuan akhirnya para petani bjsa hidup sejahtera.

Penilaian penyuluh pertanian dilakukan setiap tahun. Hal itu bertujuan guna meningkatkan SDM penyuluh pertanian yang lebih baik dan berdaya saing.

Peserta yang terpilih di tingkat provinsi kemudian akan dilanjutkan ke tingkat nasional. Untuk Jecanatan Kragilan diwakili oleh Madarip, penyuluh swadaya. Sesangkan untuk kelembagaan BPP diwakili oleh Suganda, penyuluh di Kecamatan Bandung, Kabupaten Serang.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Maju Terus Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Madarip, yang juga penyuluh swadaya berharap pihaknya bisa terpilih untuk mewakili ke tingkat nasional.

Suganda mengharapkan dalam penilaian penyuluh berprestasi ini pihaknya bisa lolos ke level provinsi. Hal itu tentunya bisa ke tingkat nasional.

Reportase : Hendra.
Editor In Chief : Hairuzaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *