Poktan Padarincang Ikuti Pelatihan Dampak Perubahan Iklim

0

Serang, Harianexpose.com –

Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten, mengikuti pelatihan tentang dampak perubahan iklim. Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari itu dilaksanakan secara zoom meeting. Kegiatan itu bertempat di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, pada Kamis, (24/2/2022)

Koordinator Penyuluh (Korluh) Pertanian BPP Kecamatan Padarincang, Hanif Muslim SP, kepada Harianekspos.com, mengatakan, pelatihan sejuta petani dan penyuluh digelar berdasarkan instruksi dan program Kementan, “Pelatihan ini digelar di Kantor BPP Kecamatan Padarincang dengan materi tentang dampak perubahan iklim dan bagiamana cara mengantisipasinya di sektor pertanian,” katanya.

Hanif menuturkan, tujuan utama dari kegiatan ini, sebagaimana disampaikan BPPSDMP Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi, agar para petani mengerti dan memahami apa itu perubahan iklim dan bagiaman cara mengantisipasi perubahan iklim di sektor pertanian, maka para Poktan yang ikut pelatihan ini bertambah wawasannya, “Kondisi sekarang yang susah diprediksi. Diharapkan petani didampingi penyuluh lebih cakap (mitigation) dalam menggarap lahan dan peka dalam menghadapi hama dan bencana yang datang menghancurkan pertaniannya (anticipation),” urainya.

Salah satu Poktan dari Desa Batu Kuwung, Oim, mengungkapkan, Poktan peserta pelatihan ini akan mendapatkan sertifikat. “Peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang bisa diunduh via online,” tukasnya.

Adapun suasana zoom metting, seperti terpantau awak media terlihat santai, sambil minum kopi dan sesekali peserta terlihat tertawa. Namun serius menyimak paparan nara sumber dilayar yang terpampang.

Reportase : Sudana Sukanta.

Editor In Chief : Hairuzaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *