Dinas Perpustakaan Banten Gelar Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

0

Reportase : Ahmadin / Maman Suberman – Editor In Chief : Hairuzaman

Kota Serang, Harianexpose.com

Dinas Perpustakaan Provinsi Banten, menggelar kegiatan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tahun 2022. Kegiatan itu bertempat di Hotel Le Dian di bilangan Jalan Jendral Sudirman, Kota Serang, Banten, pada Kamis (11/8/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Banten, Usman A. Qohara, mengatakan, tujuan dari Stakeholder Meeting ini untuk menperkuat, mengembangkan dan membuat kebijakan yang mendukung perpustakaan serta membangun sinergi, jejaring dan kolaborasi stakeholder untuk membangun literasi masyarakat melalui program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Sementara nara sumber dalam acara itu, Pustakawan Perpustakaan Provinsi Banten, M. Iwan dan Andi, dengan tema Menperkuat Sinergi dan Kolaborasi Stakeholder. Adapun peserta yang hadir antara lain, Bappeda Banten, Diskominfo Statistik dan Persandian Banten, DPMD Banten, Dinas Koperasi dan UMKM Banten, Dinas Pertanian Banten dan undangan lainnya.

Usman menjelaskan, pihaknya akan melakukan kegiatan perpustakaan yang melibatkan masyarakat. Advokasi dan bekerjasama.erpustakaan menggandeng pihak lain untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Tim Sinergi memiliki peran penting dalam perpustakaan program inklusi sosial yaitu, Replikasi perpustakaan berbasis inklusi sosial
Pengembangan Kebijakan,

Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Banten, memfasilitasi kegiatan literasi perpustakaan di desa. Kolaborasi dengan UMKM untuk menghasilkan produk perpustakaan serta pelatihan untuk memandirikan perpustakaan desa.

Sedangkan untuk Bank Banten, terkait dengan kebijakan anggaran kegiatan literasi perpustakaan. Untuk Perwakilan BI Provinsi Banten, membangun literasi, kunjungan sekolah serta mengedukasi pembaca di taman baca.

Perwakilan Kampung Dongeng Cilegon, kegiatan berupa story telling di perpustakaan kepada anak-anak yang hadir di perpustakaan serta mengedukasi kepada guru agar anak gemar membaca buku.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Banten, siap mensupport kegiatan perpustakaan dan diharapkan untuk membuat surat edaran pengadaan buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *