Kades Kebonjati Dorong Pengelolaan Budidaya Ikan Lele Bagi Keluarga Stunting

0

Reporyase : A. Abdurrochim S. / Yani Sumiati – Editor In Chief : Hairuzaman.

Sumedang . Harianexpose.com –

Pemerintah Desa Kebonjati, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, yang bersumber dari dana desa (DD) tahun anggaran 2022, menggelontorkan program pengentasan kemiskinan bagi keluarga Stunting.melalui budi daya pengelolaan ikan lele dalam ember.

Kades Kebonjati, Jajang, mengatakan, program pelatihan pengelolaan budi daya ikan lele dalam ember, pada awalnya di laksanakan di Kecamatan Sumedang Utara, Dimana program itu  di titik beratkan khusus bagi warga miskin saja.yang notabene yang tergolong keluarga Stunting.dan di alokasikan ada lima titik yakni, Posyandu dan rumah Keluarga Berencana (KB).

Kades Kebonjati, Jajang, mendorong terutama warga setempat,yang termasuk keluarga Stunting,, diberikan kegiatan pengelolaan budi daya ikan lele dalam ember. Tujuannya untuk mengurangi angka kemiskinan, terutama keluarga Stunting.yang memerlukan gizi,” ungkap Jajang, kepada Harianexpose.com, di ruang kerjanya, pada Jum’at (12/8/22).

“Adapun cara dan pengelolaannya berbeda dengan biasanya, karena sangat praktis. Bahkan sangat mudah dan simple hanya menyediakan ember di isi air dengan ukuran 80 liter.di atas ember tersebut diberi tumbuh tumbuhan atau sayur-sayuran ,yang bisa dipergunakan masyarakat. Hal itu sesuai dengan kapasitas kekuatan ember. Bahkan prosesnya cukup memakan waktu antara dua Minggu, maka ikan lele tersebut bisa di sortir antara yang berukuran besar dan yang kecil,” kilahnya.

Jajang berharap semoga program tersebut besar bermanfaat bagi pendapatan masyarakat dan paling tidak bisa menanggulangi stunting dan bisa untuk masyarakat sesuai kebutuhan masing-masing.

Salah satu warga keluarga stunting, sNia, menguraikan, sekaligus dari tim PKK  program ini sangat membantu keluarga stunting, terutama guna pemberdayaan kalangan ibu-ibu PKK, untuk menambah penghasilan (incone).

Selanjutnya ia berharap di desa Kebon jati itu bebas dari stunting dan terima kasih kepada Pemdes Kebonjati terutama Kades Jajang, dan Ketua Tim PKK yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *