Pencak Silat Berkarakter, Sebuah Terobosan Baru Dindikbud Kota Serang

0

Reportase : Suprani – Editor In Chief : Hairuzaman

SERANG, Harianexpose.com

Momentum HUT RI ke 77 Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. dan HUT Kota Serang ke 15 Aje Kendor memacu Dindikbud Kota Serang untuk membuat terobosan baru pada seni dan budaya.

Salah satunya dengan menampilkan kreasi Pencak Silat Berkarakter di Kota, Serang Fair 2022 alun alun barat dan dihadiri oleh Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, Kabid Kebudayaan dan para staffnya, IPSI Kota Serang, para Paguron se Kota Serang, serta tidak ketinggalan Paguron Beksi Jakarta Selatan ikut menyemarakkan acara ini, pada Minggu (21/08/2022)

Evi Sofiah Usman Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, mengatakan kepada awak media ” Beberapa rangkaian yang telah kami laksanakan dalam menyambut HUT RI ke 77 dan HUT Kota Serang ke 15, kami telah melaksanakan pameran serta kirab budaya yang berada di alun alun dan sekitarnya,” katanya.

“Pada hari ini kami membawa sahabat sahabat kebudayaan dari para padepokan dan paguron serta berbagai macam aliran (karakter) juga adanya pertukaran kebudayaan dengan kampung budaya pencak silat Betawi Beksi Jakarta Selatan,” paparnya

“Semoga dengan adanya pertukaran budaya ini dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk ikut melestarikan, membangun serta mengembangkan kemajuan budaya,”

Pada silat karakter beberapa padepokan dan paguron yang dikemas berupa hiburan didalamnya terdapat tokoh tokoh berkarakter yang identik dengan persilatan seperti Prabu Siliwangi,Pitung dan lain sebagainya diperankan dengan karakter dan kebesaran atau busana pada masanya,” harapnya.

Sambung Evi, adanya inovasi dan hiburan dari masing masing paguron dan padepokan dengan tidak menghilangkan nilai nilai hukum budaya dan pencak silatnya yang memang harus tetap dilestarikan, supaya tidak monoton dan banyak digemari oleh generasi muda.” tegas Kabid Kebudayaan

Unang Tokoh Prabu Siliwangi menambahkan, Mande Macan Guling sebagai salah satu peguron beraliran Cimande yang lahir di Banten. Saat ini di bawah kepemimpinan Subadri Usuludin, SH. MSi. sebagai ketua umum, dan Zeka Bachdi ST. MSi. sebagai ketua DPC Kota Serang. dengan guru besar Abah Udin Zainudin MG. mempunyai semboyan Peguron Mande Macan Guling adalah Siao, Kuat Teguh. Sebagaimana karakter Prabu Siliwangi yang selalu Siap membela kebenaran, Kuat memegang amanah, eguh dalam pendirian,” ujarnya

Sambung Unang,”Sri Paduka Maharaja atau yang lebih dikenal sebagai Prabu Siliwangi adalah sosok raja yang arif bijaksana dan sekaligus sebagai pendekar mumpuni yang pilih tanding. kebijakan kebijakan dan kekuatannya tidak terlepas dari salah satu penasehat spiritualnya yaitu seorang resi yang bernama Kuncung Putih, dan para pengawalnya serta sepasang maung yang selalu menyertainya.” tutup Unang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *