Lagi, Yayasan Care Peduli Indonesia dan PT. Cargil Gulirkan Program Prosper

0

Reportase : Suprani – Editor In Chief : Hairuzaman

SERANG , Harianexpose.com

Yayasan Care Peduli Indonesia bersama PT. Cargill melanjutkan kembali program Promoting a Sustainable and Food Secure World (Prosper) Tahap ke-III di Kabupaten Serang. Mengingat, Program Prosper Tahap ke II dilaksanakan sejak Tahun 2020 sampai pertengahan Tahun 2022 sudah selesai.

Asisten Daerah (Asda) III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Serang, Ida Nuraida, mengatakan, pelaksanaan program prosper tahap III dengan berbagai isu dan agenda yang dibahas lebih lanjut oleh Yayasan Care Peduli Indonesia.

“Diharapkan, program ini dapat terus berkesinambungan dan sinergi untuk meraih tujuan yang maksimal, dalam upaya peningkatan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Serang,” ujar Ida.

Hal tersebut disampaikan Ida pada Rapat Koordinasi Program Prosper II Kabupaten Serang bekerjasama dengan Yayasan Care Peduli Indonesia dan PT. Cargill di Aula Tb Suwandi Setda Kabupaten Serang pada Selasa, 23 Agustus 2022.

Turut hadir Direktur Operasional Yayasan Care Peduli Luki Kurniawan, Kepala Bappeda Rahmat Maulana, Kepala Disdikbud Asep Nugrahajaya, Kepala DKBP3A Tarkul Wasyit, Kepala DKPP Suhardjo, dan Kepala DPMD Hariyadi.

Dijelaskan Ida, Program Prosper sebuah program kerjasama antara PT. Cargill dan Yayasan Care Peduli Indonesia dilaksanakan di Kabupaten Serang sejak tahun 2016 sampai 2019 untuk tahap pertama, yang dilanjut dengan tahap kedua tahun 2020 sampai pertengahan tahun 2022.

“Program prosper bertujuan untuk menurunkan angka diare dan penyakit menular lainnya bagi anak-anak siswa sekolah dasar (SD), guru, orang tua dan masyarakat sekitarnya melalui beberapa kegiatan seperti pembangunan/rehabilitasi sarana air bersih, sanitasi dan Hygiene serta peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat dan makanan sehat,” ujar Ida.

Diketahui melalui program Prosper telah dibangun sarana sanitasi/toilet dan sarana air bersih di 10 SDN yang tersebar di Kecamatan Binuang, Cikande, dan Kecamatan Kibin untuk prosper tahap kesatu.

Kemudian 4 SDN meliputi SDN Cibeureum, Kecamatan Cikande, SDN Ciwajik Kecamatan Kibin, SDN Pasir Buyut 2 Kecamatan Jawilan, dan SDN Saninten Kecamatan Bandung untuk prosper tahap ke II pembangunan sarana sanitasi dan air bersih.

“Selain itu juga disertai dengan peningkatan kapasitas dari para guru dan murid terkait kesehatan, hygiene dan nutrisi. Ini semua sebagai bagian dari komitmen untuk peningkatan akses air bersih, pengetahuan dan gaya hidup sehat di lingkungan sekolah,” kata Ida.

Ida mengapresiasi kepada PT. Cargill selaku CSR pendonor dan Yayasan Care Peduli Indonesia sebagai lembaga pelaksana program yang telah memberikan kontribusi yang sangat berarti, dalam upaya peningkatan derajat kesehatan.

“Khususnya bagi anak SD, yang dapat berpengaruh terhadap peningkatan indeks kesehatan dan indeks pendidikan di Kabupaten Serang,” tuturnya.

Direktur Operasional Yayasan Care Peduli Luki Kurniawan mengatakan, pada pelaksanaan Program Prosper III sasarannya lebih kepada integrasi dari seluruh capaian-capaian dari program prosper II di Kabupaten Serang. Di integrasikan untuk menjadi satu model yang berkelanjutan.

“Dari modul-modul dokter cilik di integrasikan ke dalam unit-unit sekolah melalui UKS, sehingga dari situ program-program untuk peningkatan ilmu pengetahuan tentang kesehatan bisa dilanjutkan ditingkat sekolah dan masyarakat. Tentunya dengan instansi terkait dinas pendidikan dan dinas kesehatan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *