Pemerintah Kecamatan Mancak Buka Galeri UMKM

0

Reportase : Suprani – Editor In Chief : Hairuzaman.

SERANG, Harianexpose.com

Pemerintah Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, membuka Galeri UMKM Mancak Istimewa untuk membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari segi pemasarannya. Sehingga diharapkan dapat membangkitkan kembali perekonomian khususnya para pelaku UMKM di Kecamatan Mancak terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Galeri UMKM Kecamatan Mancak atau Mancak Istimewa ini ditujukan untuk membantu pelaku UMKM di Kecamatan Mancak yang menurut data sementara ada 500 pelaku UMKM,” kata Camat Mancak, Erwin Saepullah, melalui keterangan tertulisnya yang disiarkan Diskominfosatik Kabupaten Serang, pada Minggu (4/9).

Lebih lanjut Erwin, menyebutkan, yang paling terdampak selama pandemi Covid-19 ini ternyata banyak pelaku UMKM yang tidak beroperasi lagi. Sehingga dengan dibukanya Galeri UMKM sebagai bentuk ikhtiar diharap para pelaku UMKM ini bisa bangkit sebagaimana apa yang diharapkan.

“Sebagaimana yang sudah menjadi tagline dari pemerintah pusat agar kita pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ucap Erwin.

Galeri UMKM yang bertempat di Kantor Kecamatan Mancak, menurut Erwin, karena Kantor Kecamatan Mancak merupakan etalase besar dari Kecamatan Mancak. Sehingga banyak sekali pihak-pihak luar baik dari daerah, provinsi maupun pusat, bahkan mungkin dari pihak-pihak ketiga.

“Banyak masyarakat juga yang bertamu kepada kami disini, saya berpikir itu sebuah pasar. Kemudian saya berinisiatif untuk membuat sebuah display UMKM. Dimana tamu-tamu yang datang ke kecamatan bisa melihat sekaligus  melihat dan memanfaatkan produk-produk UMKM itu,” ungkapnya.

“Jadi, besar harapan saya UMKM di Kecamatan Mancak segera bangkit kembali, perputaran ekonomi terutama ekomoni mikro cepat berjalan di Kecamatan Mancak. Mereka bisa lebih cepat recovery (pemulihan) setelah mengalami pandemi yang cukup panjang ini,” harap Erwin.

Selain memasarkan produk UMKM di Galeri UMKM, Erwin menyampaikan, pihaknya juga turut memasarkan melalui digital yakni website Kecamatan Mancak dan untuk galeri UMKM ini pihaknya sudah di upload. Bahkan pihaknya juga menginstruksikan kepada operator website Kecamatan Mancak untuk selalu update produk-produk UMKM.

“Saya berharap ada pihak lain, masyarakat lain memperkaya periklanan itu sehingga Mancak kemudian beserta UMKM nya bisa dikenal masyarakat luas,” ucapnya.

Adapun untuk produk UMKM yang di pasarkan, papar Erwin, yakni yang paling banyak produk makanan, lantaran produk utama Mancak adalah emping. tutur Erwin, emping Mancak mempunyai kualitas yang baik.

“Tetapi sekarang ekraf (ekonomi kreatif) juga sudah mulai jadi ada yang memproduksi kaos dengan branding Mancak Istimewa, ada souvenir yang terbuat dari batok kelapa, produk-produk kearifan lokal baik dari lidi, anyaman bambu yang sebetulnya jadi target sasaran saya arena produk kearifan lokal semakin lama semakin punah, pelakunya sudah sedikit di Desa Ciwarna, di Kampung Ciwindu tinggal 4 pelaku. Kemudian Sovenir yang dari cangkir itu dari batok kelapa,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *