Festival Durian HUT Ke-22 Provinsi Banten Untuk Perkenalkan Durian Lokal Banten

0

Reporyltase : Ahmadin – Editor In Chief : Hairuzaman.

Kota Serang, Harianexpose.com |

Festival Durian turut memeriahkan HUT ke-22 Provinsi Banten di halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, pada Rabu (5/10/2022). Festival durian yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Banten itu untuk memperkenalkan durian lokal Banten, juga dimeriahkan dengan makan durian gratis.

“Festival ini adalah upaya untuk terus menjaga hasil durian lokal. Provinsi Banten kaya akan hasil durian lokal yang memiliki khas tersendiri, masyarakat harus tetap mengenal itu,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M. Tauchid.

“Untuk aspek penilaian dari rasa, aroma, dan juga warna menentukan durian terbaik,” katanya.

Sementara, Rawing peserta festival durian asal Kecamatan Baros yang meraih juara I mengatakan, sebenarnya durian lokal yang ada di Provinsi Banten pun tidak kalah dengan cita rasa durian lainnya.

“Alhamdulillah, durian lokal kami menang. Durian lokal punya rasa terbaik, Semoga ke depannya Pemerintah semakin mendukung usaha petani lokal,” ujarnya.

Makan Durian Gratis pada Festival Durian mendapatkan antusiasme masyarakat Banten. Hal itu terlihat dengan ramainya antrian stand durian gratis. Tidak hanya durian gratis, antrian juga terjadi pada stand penjualan durian. Salah satu masyarakat dari kecamatan Baros, Ima (23) mengatakan kegiatan festival durian itu sangat cocok untuk masyarakat Provinsi Banten.

“Festival ini sangat cocok untuk warga Banten yang kebanyakan suka durian seperti saya, semoga festival seperti ini sering diadakan” ungkap Ima asal Baros, Kabupaten Serang.

Pada Festival Durian ini juga diperkenalkan durian lokal seperti durian Ciputri dari Pandeglang, durian Haji Arif dari Baros, serta durian lokal lainnya yang tidak hanya memiliki cita rasa yang unik tetapi juga memiliki ciri khas tersendiri.

Sebagai informasi, urutan pemenang dalam kontes durian pada Festival Durian adalah: juara pertama Rawing dengan nama durian Si Awan. Juara kedua Agum Gumelar dengan nama durian Star Queen. Juara ketiga Uki dengan nama durian Si Kacet. Juara harapan satu Napis dengan nama durian Si Bolang, juara harapan kedua Diki dengan nama durian Si Bocil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *