Minim Sarana IT, Hambat Proses ANBK di SDN Warung Jaud

0

Reporyase : A. Rochim S. / Yani Sumiati – Editor In Chief : Hairuzaman.

Serang, Harianexpose.com|

persoalan yang kerap terjadi yakni,

Minimnya sarana komputer (IT) yamg dimili okeh sekolah menjadi salah satu penghambat pelajsanaan ANBK di SDN Warung Jaud. Pasalnya, SDN Warung Jaud hnaya menpunya 16 unit komputer. Tak pelak lagi, sehingga untuk memenuhi hal itu harus meminjam kepada orang tua siswa. itupun bagi orang tua siswa yang mempunyai komputer. Sehingga para guru sering memgeluh.

Diberlakukannya program literasi Asesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sering dikeluhkan oleh pihak  Sekolah Dasar (SD). Pasalnya, ketika program itu sedang dilakukan saat mengikuti ANBK sering menjadi kendala lantaran minimnya sarana komputer yang dimiliki oleh oleh pihak sekolah.

Kepala SDN Warung J, Kelurahan Warung Jaud, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Aris Suhatma SPd, ketika dikonfirmasi Harianexpose.com, di ruang kerjanya, Kamis (27/10/2022), memgatakan, program ANBK tersebut memang merupakan program yang sudah baku dan ditetapkan oleh pemerintah.

Padahal program tersebut, sambung Aris, sangat membantu, Sehingga anak tersebut sudah memiliki wawasan dan pemahaman serta menguasai IT. Larena telah mengikuti pembekalan tentang IT.

“Namun, hal ini perlu adanya persiapan yang matang. Mulai dari pengadaan IT, tempat maupun jadwal pelaksanaan, termasuk jaringan internetnya harus benar-benar stabil dan tidak mengalami eror.

“Namun sedikit pandangan, tambah Aris, terkait pengadaan IT di SDN Warung Jaud. Karena jumlah komputernya terbilang masih sangat minim. Sehingga SDN Warung Jaud harus meminjam ke sekolah lain. Bahkan ke orang tua murid,” tandasnya.

Aris berharap untuk ke depannya, kami selaku penggerak pendidikan minta kebijakan dari dinas terkait agar jumlah komputer bisa ditambah. Sehingga pelaksanaan ANBK lancar dan tak ada kendala.

Dalam rangka mendukung dan mensukseskan program pemerintah ota Serang ,Dinas Pendidikan Kota Serang, seiring dengan perkembangan teknologi, yang saat ini berkembang semakin pesat, maka harus ditopang okeh sarana komputer yang memadai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *