RS Sari Asih Tangani Pasien Ginjal Dengan Metode ESWL

0

Reportase : Ahmadin – Editor In Chief : Hairuzaman

Kota Serang, Harianexpose.com |

Rumah Sakit (RS) Sari Asih Kota Serang, meresmikan Exracorpareal Shock Wage Lithonpsy (ESWL) yakni sebuab layanan medis untuk tindakan pemecahan batu ginjal tanpa melakukan proses pembedahan sebagaimana biasanya..

Acara peresmian ESWL itu dihadiri oleh Walikota Serang, H. Syafrudin, S.Sos. M.Si, Direktur RS Sari Asih Kota Serang, dr. Yahmin Setiawan dan Humas RS Sari Asih, Agus Ramdani SE. Acara itu bertempat di Ruang Auditorium ESWL RS Sari Asih Kota Serang, Banten, pada Selasa (1/11/2022).

Humas RS Sari Asih Kota Setang, Agus Ramdani, SE. (Foto : Ahmadin).

Direktur RS. Sari Asih Kota Serang, dr. Yahmin Setiawan, mengatakan, RS Sari Asih merupakan satu-satunya rumah sakit yang menangani pasien ginjal dengan ESWL. Dimana tingkat kesembuhan pasien bisa mencapai sekitar 95 persen.

“Kami juga menerima para pasien yang menderita ginjal menggunakan peralatan ESWL dengan skema BPJS. Sehingga nantinya pasien tidak dikenakan biaya,” pungkasnya.

dr. Yahmin menambahkan, penyakit ginjal itu bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan serta kurangnya mengkonsumsi air minum. RS. Sari Asih juga menerima pasien gagal ginjal yang akan melakukan cuci darah dan rutin setiap minggu sekali.

Ia menuturkan, setelah pasien melakukan pengobatan secara ESWL, maka nantinya dengan sendirinya batu ginjal itersebht akan hancur. “Kita akan lihat nanti, pasca pasien ditangani dengan menggunakan metode ESWL. Batu ginjalnya nanti akan hancur tana melalui operasi bedab,” beber dr. Yahmin didampingi Humas, Agus Ramdani, SE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *