Warga Desa Cibaliung Pertanyakan Pembangunan Jalan dari Dana Desa

0

Reportase : Endang Jubaedi – Editor In Chief : Hairuzaman

PANDEGLANG, Harianexpose.com|

Sejumlah warga Desa Cibaliung, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Banten, mempertanyakan pembangunan infra struktur jalan di wilayahnya yang rencananya akan di danai oleh dana desa. pada Kamis (15/12/2022)

Nuspika Cbaliung hadir dalam penyampaian kegiatan yang di danai oleh dana desa tahun anggaran 2022 di kantor desa setempat.

Sekretaris Desa Cibaliung, Maman, dihadapan sejumlah warga Kamis (15/12/2022), menjelaskan, anggaran tahun 2022, dengan dasar selain Kepres, Kementerian Desa, Kementerian Kesehatan dan Kepmendagri sebagian besar atau 40 persennya di alokasikan pada Bantuan Langsung Tunai (BLT), 20 persen ketahanan pangan dan 8 persen penanganan Covid-19. Sedangkan  sisanya untuk pos yang lain berikut honor Ketua RT/RW serta lainnya, juga di Pandeglang ada slot untuk itu.

Hidayat (48), tokoh ulama Ust. Jaenudin (53) dan tokoh masyarakat Ust. Sohib (52) masyarakat, serta beberapa warga lainnya yang ada mewakili warga Kampung Cibeunteur, Desa Cibaliung, mempertanyakan pembangunan jalan yang di danai melalui dana desa tahun anggaran 2022.

Sebelumnya Hidayat telah melayangkan surat ke Pemerintah Desa Cibaliung terkait penggunaan dana desa untuk pembangunan jalan itu. “Kami berharap adanya transparansi pemerintahan desa  guna kejelasan kemajuan pembangunan desa,” ujar Hidayat,

Tokoh ulama Kampung Cibeunteur, Ust. Jaenudin, menjelaskan, kehadiran dia bersama yang lain ke kantor desa itu, menanyakan pembanguna jalan ke Kampung Cibeunteur. Pasalnya, hingga saat ini tidak ada. Sebab warga Kampung Cibeunteur sudah mengetahui rencana pembangunan jalan itu pada tahun ini, tetapi pelaksanaannya tidak ada.

Ditempat terpisah sebelumnya kasi pembangunan kecamatan Cibaliung, Udin pada harian expos dikantor kecamatan setempat, memaparkan mekanisme pelaksanaan pembangunan fisik, yakni ada tahapannya baik dari mulai musyawarah desa (musdes), musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbang Des). Jika untuk pembangunan jalan ke cibenteur itu harus dari dana desa, jika dari add tidak mungkin terdanai, imbuhnya

Kepala Desa Cibaliung, Empud Nahrowi, SE, mengungkapkan, pihaknya menyambut baik kedatangan warga setempat. Berkaitan dengan mekanisme perencanaan pembangunan di desa, khususnya pembangunan jalan, dasarnya dari musdus, musdes, dan tahapan yang lainnya sesuai dengan peraturan yang ada.

Empud menjabat Kepala Desa Cibaliung baru berjalan satu tahun ini, ingin ada peningkatan pembangunan baik tiap wilayah Rt yang ada. Empud pun merasa prihatin dengan kondisi jalan yang rusak. “Ketika saya lalui dengan kendaraan roda dua, sempat terguling. Akan tetapi kerusakan jalan itu bukan berarti tidak tersentuh oleh pembangunan sebelumnya,” kilahnya.

Untuk ke depan, lanjt Empud, selain peningkatan kualitas jalan baik melalui rabat beton juga rasa tanggung jawab bersama, antara masyarakat dan Pemerintahan Desa Cibaliung perlu ditingkatkan lagi. Sehingga jalan yang dibangun terjaga ketahanannya terutama bangunan jalan. Misalnya, kendaraan yang melalui jalan itu bisa dibatasi tonasenya.” Jangan sampai ketahanan jalan hanya 2 ton, dilalui kendaraan yang angkut barang hingga 10 ton. Sehingga jalan vepat rusak,” tandasnya

Lanjut Kades Empud,.minimnya anggaran untuk pembangunan tersebut saat ini, pihaknya merencanakan pada tahun anggaran 2023 pembangunan jalan ke Kampung Cibenteur bisa dikm cover. Kebetulan pada tahun anggaran 2022 sekarang ini merupakan masa transisi dari Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *