Dindikbud Banten Komitmen Tingkatkan Angka Partisipasi Sekolah

0

Reportase : Ahmadin – Editor In Chief : Hairizaman.

SERANGHarianexpose.com |

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Banten, M. Tranggono, membuka Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 2024
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten di Hotel Marbella, Anyer, Kabupaten Serang, pada Rabu (15/2/2023).

Dalam arahannya, Tranggono, memberikan banyak masukan, utamanya terkait dengan peningkatan mutu pendidikan, SDM serta optimalisasi atau memajukan kebudayaan yang dimiliki Provinsi Banten.

“Kita ini kaya akan kebudayaan lokal dan itu terus dikembangkan secara optimal. Makanya saya harapkan, melalui Dindikbud kebudayaan Banten bisa dikembangkan agar lebih maju lagi,” katanya.

Hal itu, lanjut Tranggono, sejalan dengan tema yang diambil dari kegiatan tersebut yakni memperluas akses dan peningkatan mutu pendidikan serta pemajuan kebudayaan dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing SDM.

“Untuk mendapatkan kualitas SDM yang berdaya saing tinggi itu, harus dimulai dari Pendidikan. Karena itu, saya mendorong agar Dindikbud Banten ke depan bisa meningkatkan angka partisipasi sekolah. Itu menjadi tantangan kita kedepannya yang diamanahkan oleh Bapak Pj Gubernur Banten Al Muktabar,” ujarnya.

Selain angka partisipasi sekolah yang ditingkatkan, juga dibutuhkan peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan. Jika kedua hal ini berjalan beriringan, maka apa yang dicita-citakan mendapatkan kualitas SDM yang berdaya saing itu bisa terwujud.

“Juga termasuk di dalamnya persoalan PPDB yang harus dilakukan sebaik mungkin,” ucapnya.

M Tranggono juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di awal tahun, sehingga setelah ini selesai dilakukan, atas segala hasil diskusi dan masukan, langkah selanjutkan bisa dimasukkan ke dalam Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

“Semua yang dimasukkan ke dalam KUA PPAS itu sudah pasti. Sehingga nanti proses pembahasan anggaran tahun 2024 bisa lebih cepat pelaksanaannya, lelang bisa lebih dini dilakukan,” ujarnya.

Terakhir, M Tranggono Kembali mengingatkan bahwasannya dari semua program yang dilakukan, kunci kesuksesannya adalah kekompakan dan kolaborasi antar OPD baik di lingkungan Provinsi maupun Kabupaten dan Kota.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Provinsi Banten M Tabrani mengungkapkan, dalam Forum OPD 2024 tersebut, diterima banyak masukan untuk target capaian tahun 2024. Dan, salah satunya yang menjadi catatan itu yakni peningkatan angka partisipasi sekolah dan meningkatkan mutu penyelenggaraan Pendidikan.

“Teknisnya untuk peningkatan angka partisipasi sekolah itu bisa melalui mendekatkan sekolah formal ke pondok-pondok pesantren atau bisa juga melalui pembelajaran daring, jika para siswanya tidak ada waktu karena sambil bekerja. Kita targetkan di atas angka nasional atau setidaknya sama,” jelasnya.

Sementara itu untuk meningkatkan mutu penyelenggaran pendidikan, ini dilakukan dalam upaya menurunkan angka pengangguran terbuka yang ada di Provinsi Banten ini, dimana salah satu penyumbangnya dari lulusan SMK.

“Kita akan lakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait, serta kita akan dorong peningkatan sarana prasarana sekolah, seperti ruang praktik dan penyelarasan kurikulum agar lulusan SMK itu sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *