Provinsi Banten Raih juara 3 Kategori Inovasi TTG XXII

0

Reportase : Ahmadin.                            Editor In Chief : Hairuzaman.            Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal.

TANGSEL – Harianexpose.com |

Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XVII Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023 di Kampus Institut Teknologi Indonesia Jl. Raya Puspitek, Kota Tangerang Selatan resmi ditutup, pada Sabtu (13/5/2023). Para juara pertama akan mewakili Provinsi Banten dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXIV 2023 di Bandar Lampung.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Usman Asshiddiqi Qohara, mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten memberikan apresiasi yang tinggi terhadap peserta dan masyarakat yang hadir dalam Gelar TTG XVII Provinsi Banten 2023.

“Teknologi Tepat Guna untuk membangun keberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan, Teknologi Tepat Guna dilombakan untuk apresiasi prestasi yang dicapai. Untuk juara yang akan dikirim ke Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XXIV 2023 Lampung akan diberikan pembinaan.

“Memantapkan inovasi yang dilakukan, menunjukkan performance sebagai juara. Kita berharap dari Banten meraih juara,” ungkap Usman.

“Semoga apa yang kita lakukan ini memberikan manfaat dan mendapat ridho dari Allah SWT,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Usman juga berharap dari kalangan Perguruan Tinggi untuk turut membantu pengembangan Teknologi Tepat Guna yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ditambahkan, pada Gelar TTG Nasional XXIII Tahun 2022 di Kalimantan Timur, Provinsi Banten meraih juara 3 untuk kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna.

Berikut raihan Gelar TTG Provinsi Banten XVII Tahun 2023, pada kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna, juara pertama diraih Afrizal dari Kota Cilegon untuk karya inovasi temoform (alat cetak kemasan). Juara kedua, Erika Kristifani dari Kota Tangerang Selatan untuk karya inovasi bata roster berbahan paper sludge. Juara ketiga oleh H Jurdi dari Kabupaten Tangerang dengan karya inovasi tabela kembar.

Pada kategori Teknologi Tepat Guna Unggulan, juara pertama diraih Wahyudi dari Kota Cilegon lewat karya sistem pengolahan berbasis limbah ruminansia. Juara kedua Fanji Faturrahman dari Kabupaten Tangerang dengan karya audio feeder wanakerta handal dan teruji. Juara ketiga Roihan Najat dari Kabupaten Serang dengan karya mesin peleleh plastik berbasis listrik.

Pada kategori Posyantek Desa/Kelurahan Berprestasi, juara pertama Posyantek Amin Kelurahan Panggung Rawi disusul Posyantek Semangat Bina Lingkungan Kelurahan Gedong Dalem dan Posyantek Mekar Abadi Kelurahan Mekarsari. Ketiganya berasal dari Kota Cilegon.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *