UPT Puskesmas Adakan VCT HIV/Aids di Kecamatan Anyar

0

Reportase : Sudana Sukanta.                Editor In Chief : Hairuzaman.              Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal

SERANG – Harianexpose.com |

Dalam rangka untuk memperluas pemberian layanan kesehatan bagi kelompok, khususnya di wilayah kerja UPT Puskesmas Anyar, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, menyelenggarakan kegiatan mobile VCT (Voluntary Counseling and Testing) yaitu serangkaian tes untuk mengetahui apakah terindikasi atau tidak dari Virus HIV (Human Immunnodeficiceny Virus) di wilayah Anyar. Terutama mereka yang berpotensi penularan seperti, tempat hiburan malam (THM), pemandu karaoke dan lainnya.. Kegiatan itu digelar pada Sabtu (13/05/2023).

Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Anyar,.Hj. Yenni Kesuma, SKM, MM,Kes. mengatakan, program rutin per triwulan UPT Puskesmas Anyar di wilayah kerja kami lakukan di tempat yang rentan terhadap penularan HIV/Aids. Karena Anyar sangat signifikan dilihat dari hasil tes VCT Mobile yang kami selenggarakan, Kami bekerjasama dengan Satpol PP dan Staf Kecamatan Anyar serta instansi terkait lainnya.

“Jika terindikasi, maka kami akan memberikan penyuluhan cara-cara
penanganan dan pencegahan serta pengobatannya. Dimana kita tahu belum ditemukan obat dari HIV/Aids itu sendiri,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Tuti Sumiati Penyuluh HIV/Aids dan juga Staf UPT Puskesmas Anyar. Menurut ia, saat kami lakukan observasi dan VCT HIV/Aids ke tempat-tempat hiburan malam, pemandu karaoke dan lain-lain di tempat wilayah kerja kami tidak menemukan yang positif terjangkit.

“Kami memberikan penyuluhan kepada para pekerja hiburan malam untuk lebih safety memprotek diri supaya tidak tertular oleh Virus HIV/Aids, Jika ada temuan terindikasi positif, kita rujuk ke rumah sakit dan diberikan obat Antiretroviral (ARV). Kami pun memberikan pelayanan penyuluhan pengobatan terhadap orang yang terindikasi penularan HIV/Aids. Adanya temuan di UPT Puskesmas Anyar mayoritas dari ibu rumah tangga, kepala keluarga dan penyuka sesama jenis baik laki-laki maupun perempuan,” bebernya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *