Provinsi Banten Sabet Dua Penghargaan Anugerah Adinata Syariah

0

Reportase : Ahmadin.                              Editor In Chief : Hairuzaman.              Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal.

JAKARTA – Harianexpose.com |

Pemerintah Provinsi Banten meraih dua penghargaan dalam Anugerah Adinata Syariah 2023. Pemprov Banten raih penghargaan pada kategori Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan Ekonomi Pesantren serta kategori Program Inkubasi Usaha Syari’ah. Anugerah diserahkan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati.

“Alhamdulillah dari 10 kategori itu, kita mendapatkan Dua kategori juara, yakni kategori Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan Ekonomi Pesantren dan kategori Program Inkubasi Usaha Syariah,” ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai menerima Anugerah Adinata Syariah 2023 di Gedung The Tower Jl. Gatot Subroto No. 27 Jakarta, pada Jum’at (26/5/2023).

“Yang lebih penting ini akan terus kita kembangkan ke depannya. Karena kita tahu di Banten jumlah umat muslim dan pesantrennya sangat banyak. Jika ini berkembang, maka kesejahteraan masyarakat akan lebih baik,” tambahnya.

Untuk lebih menguatkan itu, lanjut Al Muktabar, dalam waktu dekat Pemprov Banten akan membentuk Komite Daerah Keuangan dan Ekonomi Syariah (KDKES).

Dijelaskan, pengembangan ekonomi syariah bagian dari penilaian kinerja Pemerintah Daerah.

“Programnya, nanti kita akan sinkronkan dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Mudah-mudahan ini bisa menjadi pendorong dalam pembangunan, kemaslahatan, pemerintah dan kemasyarakatan di Provinsi Banten,” jelasnya.

Sementara, Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin yang juga sebagai Ketua Harian KNEKS mengungkapkan, arah kebijakan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia sejalan dengan arah ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, dimana saat ini terus bergulir ke arah yang positif.

Dikatakan, pangsa pasar ekonomi syariah di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 45,66 persen terhadap perekonomian nasional atau meningkat 3,45 persen dari tahun 2021. Penguatan UMKM menjadi salah satu hal yang menjadi prioritas untuk terus dikembangkan.

“Perluasan akses melalui sistem pembiayaan syari’ah terus kita dorong sehingga nanti Indonesia bisa menjadi pusat dan pengembangan produk halal dunia,” ucapnya.

Sebagai informasi, Anugerah Adinata Syariah 2023 digelar oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syari’ah (KNEKS). Penilaian dilaksanakan sejak bulan Oktober 2022 lalu.

Ada 10 kategori juara yang diperebutkan, seperti kategori keuangan syari’ah, kategori industri halal, keuangan sosial syari’ah.

Kemudian kategori keuangan mikro syari’ah, pengembangan pendidikan dan kebudayaan ekonomi pesantren, sektor ekonomi hijau dan berkelanjutan, kategori kelembagaan daerah yang difokuskan kepada pengembangan ekonomi syari’ah tingkat daerah.

Lalu kategori zona kuliner halal, aman dan sehat, kategori program inkubasi usaha syari’ah dan kategori program inovasi sektor ekonomi syari’ah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *