Jalan Desa Sinar Jaya Disinyalir Tak Sesuai Spek

0

Papan proyek pembangunan jalan rabat beton di Desa Sinarjaya, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang. (Foto : Endang Jubaedi)

Reportase :  Endang Jubaedi:                Editor In Chief : Hairuzaman.            Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal.

PANDEGLANG – Harianexpose.com|

Pembangunan jalan rabat beton di Desa Sinarjaya, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten, disinyalir tak sesuai bestek.
Pembangunan jalan yang dibiayai dari Anggaran Dana Desa tahun anggaran 2023, senilai Rp.150 juta dengan ketebalan 20 cm.

Munir (50), dari salah satu lembaga didampingi salah seorang aktifis Cibaliung, Nardi (45), menuturkan, sangat disayangkq pekerjaan rabat beton jalan Desa Sinarjaya tersebut, seperti dalam papan proyek jelas baik ketebalan maupun anggarannya. Namun, celakanya pelaksanaannya diduga kuat tak sesua dengan apa yang tertera di papan proyek.

“Belum lama ini kami mencoba mengukur ketebalan jalan hanya 12 cm,” kata Munir dan Nardi.

Jika hal seperti itu, katanya, ini perlu pihak terkait turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan proyek desa serta guna dilakukan evaluasi, Karena hal ini sangat penting, Pasalnya, ketebalan jalan rabat beton selain pengurangan anggaran proyek, juga mengurangi kualitas jalan yang seharusnya, Sebab dengan ketebalan 20 cm tersebut, kami yakin itu adalah perhitungan secara teknis dalam membangun,” tandas Munir dan Nardi.

Selain itu, imbuh dia lagi, jika benar ketebalan tidak sesuai dengan seharusnya seperti di papan proyek, bagaimana pertanggung jawaban kepala desa. Misalkan kita hitung secara matematika, yang seharusnya 20 cm X 300 cm X 15000 cm. “Tapi dilapangan. kami mencoba mengukur ketebalan tersebut hanya 12 cm,” urainya.

Pmbangunan jalan rabat beton Desa Sinarjaya yang diukur Munir dengan Nardi belum lama ini, hanya memiliki ketebalan 12 cm. (Foto : Endang Jubaedi)

Sementara itu, Camat Cigeulis, Agus Lukmanto, ketika dihubungi awak media, pada Senin (29/5/2023), melalui handphonenya, mengrimkan voice not WA, bahwa pihak kecamatan akan melakukan monitoring besok Selasa.(30/5/ 2023) sesuai jadwal monitoring ke Desa Sinarjaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *