Al Muktabar Verifikasi Faktual Siswa Lulus PPDB SMAN I Kota Serang ke Rumah

0

Reportase : Ahmadin.                            Editor In Chief : Hairuzaman.            Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal.

KOTA SERANG  -Harianexpose.com |

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, melakukan verifikasi faktual secara langsung ke sejumlah titik lokasi kediaman calon siswa yang diterima pada jalur zonasi di SMA Negeri 1 Kota Serang. Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar didampingi Kepala SMA Negeri 1 Kota Serang, Muhammad Najih.

Al Muktabar berjalan kaki menyusuri lingkungan yang berada di sekitar SMA Negeri 1 Kota Serang. Menurut ia, hal tersebut dilakukannya untuk memastikan validitas dari berkas-berkas pendaftaran pada proses PPDB di SMA Negeri 1 Kota Serang terutama pada jalur zonasi.

“Kita berkunjung ke lingkungan sekitar yang terdekat. Ada beberapa rumah yang kita kunjungi,” ungkap Al Muktabar kepada wartawan di halaman SMA Negeri 1 Kota Serang, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang, pada Rabu (12/7/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar mengungkapkan pihaknya menemukan salah satu calon siswa yang diterima pada jalur zonasi yang seharusnya dapat masuk pada jalur afirmasi. “Tadi kita menemukan sebenarnya dia bisa masuk dalam afirmasi, karena tidak mampu, ibunya telah meninggal dan dia tinggal bersama dengan saudaranya,” katanya.

Selanjutnya, Al Muktabar meminta kepada seluruh Kepala SMA Negeri yang ada di Provinsi Banten untuk dapat melakukan verifikasi faktual khususnya pada jalur zonasi yang terdekat dari lingkungan sekolah. “Nanti Kepala Sekolah pada saat mendaftar untuk mengecek kembali ke tempat yang terdekat dengan sekolah,” imbuhnya.

Selain itu, Al Muktabar juga meminta pihak sekolah untuk dapat melakukan verifikasi faktual kembali untuk jalur afirmasi, sehingga diharapkan kouta jalur afirmasi dapat terpenuhi dan tepat sasaran. “Kita ingin gunakan kouta afirmasi itu untuk saudara kita yang kurang mampu. Tentunya kita lakukan validasi, nanti Kepala Sekolah yang mendalami,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Kota Serang Mohamad Najih menyampaikan pihaknya akan menindaklanjuti arahan Pj Gubernur untuk melakukan verifikasi faktual kepada sejumlah calon siswa yang diterima pada jalur zonasi, khususnya yang terdekat dengan lingkungan sekolah.
“Insya Allah kita akan lakukan sesuai dengan arahan Pj Gubernur Banten, verifikasi faktual,” ujarnya.

“Tidak hanya saat ini saja, sebelumnya pada saat arahan Pj Gubernur Banten pada jalur afirmasi kami juga langsung lakukan verifikasi faktual,” sambungnya. Ia juga mengatakan pada PPDB tahun 2023 ini, untuk SMA Negeri 1 Kota Serang terdapat 1.093 siswa yang telah mendaftar dengan kouta keseluruh 432.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *