Al Muktabar : “Industri Otomotif Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Daerah”

0

Reportase : Ahmadin.                            Editor In Chief : Hairuzaman.              Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal Tambunan, SH, MH, LLM, P.hd.

TANGERANG – Harianexpose.com |

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, menghadiri Pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di Nusantara Hall, ICE BSD City, Kabupaten Tangerang. pada Kamis.(10/08/2023).

GIIAS dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang diwakili Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto. GIIAS merupakan pameran otomotif terbesar di Indonesia.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, industri otomotif tingkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendongkrak pendapatan daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya pameran bertaraf internasional di Provinsi Banten tersebut. Al Muktabar menyebutkan, GIIAS mampu menggerakan aktivitas ekonomi dari sisi industri otomotif.

“Saya ucapkan terimakasih telah menjadikan Banten sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan luar biasa ini. Dengan berbagai merek yang hadir saya harap mampu mencapai target transaksi pada aktivitas ekonomi ini,” ungkapnya.

Menurut Al Muktabar, kegiatan yang merupakan kolaborasi Pemerintah Provinsi Banten dengan GAIKINDO ini akan memberikan dampak positif bagi Pemerintah Provinsi Banten dan GAIKINDO sendiri. Bagi GAIKINDO hal ini mampu meningkatkan pertumbuhan industri otomotif. Sedangkan, bagi Pemerintah Provinsi Banten kegiatan ini mampu meningkatan pertumbuhan ekonomi melalui kendaraan tersebut yang juga akan memberikan dampak pada Pendapatan Asli Daerah yang bermanfaat bagi pendanaan pembangunan.

“Dan agenda positif ini selain sebagai support industrialisasi otomotif juga bisa diupayakan sebagai pembangunan di Provinsi Banten melalui kontribusinya oleh berbagai pihak atau pendapatannya,” jelasnya.

Al Muktabar juga mengatakan, kegiatan tersebut tidak hanya memberikan daya dukung bukan hanya pertumbuhan ekonomi saja, tetapi juga mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Banten.

“Agenda ini mempekerjakan kurang lebih 20.000 orang sejak dari mulai persiapan. Dan ini agenda positif bagi pembangunan di Provinsi Banten baik dari segi ekonomi atau pemanfaatan sumber daya manusianya,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap total transaksi pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 mampu melebihi target tahun lalu.

“Kalau tahun lalu transaksinya tinggi, sekarang kita berharap transaksinya juga bisa tinggi. Tahun lalu sampai Rp14,3 triliun dan lebih dari 26 ribu unit terjual. Saya rasa tahun ini minimal targetnya lebih baik,” ucap Airlangga

Ia menyampaikan dalam pertumbuhan ekonomi, industri otomotif sangat penting untuk menopang perekonomian Indonesia. Airlangga juga mengatakan, industri otomotif di Indonesia sangat menjanjikan. Hal tersebut dikuatkan produksi kendaraan roda empat Indonesia di dalam negeri pada 2022 menempati urutan ke-11 di dunia.

“Kontributor berikutnya adalah perdagangan dan seluruhnya berikutnya adalah industri otomotif perdagangan jasa otomotif di dunia menjadi sangat penting,” kata Airlangga

Sebagai informasi, GIIAS 2023 ini digelar mulai 10 Agustus 2023 sampai dengan 20 Agustus 2023. Mengusung tema ‘Future Now’ yang memperdalam edukasi tentang elektrifikasi dan digitalisasi, solusi bagi mobilitas publik di masa yang akan datang. Pameran otomotif tersebut memamerkan 49 merk otomotif.

Pengunjung dapat membeli tiket masuk GIIAS secara online melalui aplikasi Auto360. Khusus pada tanggal 17 Agustus 2023, tiket GIIAS 2023 dijual secara online seharga Rp78.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *