Di Kota Cilegon, Kecamatam Ciwandan Jadi Target Program Penanganan Sampah Terintegrasi

0
Reportase : Nanang Sumantri.        Editor In Chief : Hairuzaman.        Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal Tambunan, SH, MH, LLM, P.hd.
CILEGON – Harianexpose.com|
Pemerintah Kota Cilegon memiliki program yang khusus guna menangani persoalan sampah. Selain pembangunan sarana prasarana pengelolaan sampah, sejumlah program inovasi lain juga dilakukan dalam rangka mewujudkan Cilegon bersih.

Sejalan dengan program itu, Kecamatan Ciwandan telah memproyeksikan penanganan sampah terintegrasi di tahun 2023.

“Sebagaimana yang digaungkan oleh Pak Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, bahwa sampah ini harus menjadi perhatian. Apalagi, Pemkot Cilegon ini menjadi contoh bagi Nasional terkait pengelolaan sampahnya. Maka dari itu, kami di Kecamatan Ciwandan akan berusaha keras bersama-sama melakukan pengelolaan dan menangani persoalan sampah ini,” kata Camat Ciwandan Agus Ariadi usai mengisi acara di Radio Mandiri FM Cilegon, pada Kamis, belum lama berselang.

Dijelaskan Agus, pihaknya akan fokus dalam program penanganan sampah di antaranya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui lembaga formal dan non formal.

“Edukasi itu juga dilakukan di lembaga-lembaga formal seperti sekolah agar kesadaran dalam menjaga kebersihan dan pemilahan sampah biar tumbuh sejak usia dini,” jelasnya.

Dalam hal ini, Agus menuturkan, pihaknya juga melibatkan sejumlah elemen masyarakat agar berpartisipasi dalam mewujudkan Cilegon bersih.

”Ke depan kita akan sediakan gerobak sampah di beberapa wilayah. Nanti yang bertugas dari Karang Taruna dan di bantu RT/RW agar membersihkan lingkungan secara maksimal. Alhamdulillah lurah kompak. Di Ciwandan kita tumbuhkan bank sampah. Mudah-mudahan ini mampu memberikan edukasi kepada masyarakat,” tuturnya.

Diketahui bahwa Pemkot Cilegon menjadi kota pertama di Indonesia yang berhasil mengelola sampah lebih produktif dengan merubah sampah menjadi bahan bakar briket yang dapat digunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik. Program pemanfaatan sampah ini merupakan kerjasama Pemkot Cilegon dengan PT Indonesia Power

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *