Badan Kesbangpol Bandung Gelar Sosialisasi Kewaspadaan Dini Dalam Wujudkan Kondusifitas Wilayah

0

Reportase : A. Abdurrochim S. / Yani Sumiati.                                                            Editor In Chief : Hairuzaman.              Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal Tambunan, SH, MH, LLM, P.hd.

BANDUNG – Harianexpose.com•

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. (Kesbangpol) Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menggelar kegiatan sosialisasi kewaspadaan dini dalam mewujudkan kondusifitas wilayah menjelang Pemilu serentak tahun 2024. Kegiatan itu bertempat di Gedung Graha Arjasari Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, pada Selasa (5/9/2023).

Acara itu dengan mengusung tema “Melalui kegiatan kewaspadaan dini kita tingkatkan sinergitas aparatur tiga pilar Kecamatan dan tiga pilar desa dalam menjaga kondusifitas wilayah pada pelaksanaan tahapan Pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Bandung”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat, Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas pada angkatan ke 2 di 9 Kecamatan serta nara sumber yang dihadirkan antara lain Mayor Sri Nuraeni WaKasdim 0624,Bawaslu dan dari Kejaksaan.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Bupati Bandung yang diwakili Kabid kewaspadaan daerah dan kerjasama intelejen Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung, Aam Rahmat. Ia mengatakan, kegiatan ini di laksanakan dalam rangka menjaga kondusivitas daerah menjelang pemilu serentak nanti.

“Dengan adanya kegiatan ini Kesbangpol Kabupaten Bandung Memberikan Pemahaman kepada Peserta Pentingnya Kewaspadaan Dini dan Deteksi Dini Masyarakat untuk menangkal ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. Sehingga pada pelaksanaan Pemilu 2024 dan Pilkades Serentak tidak terjadi konflik sosial ditengah kehidupan Masyarakat dan Bernegara dalam menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024,” ucapnya.

Aam Rahmat mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi bagi seluruh yang terlibat dalam kegiatan saat ini, khususnya pada seluruh forum komunikasi pimpinan kecamatan . (Forkopimcam) tiga pilar desa.

Kita sepakat bahwa pelaksanaan sosialisasi ini adalah bukti menjadi komitmen kita bersama seluruh jajaran pemerintah di Kabupaten Bandung dalam mendukung implementasi pemerintahan Daerah, yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Bandung yang Bangkit Edukatif Dinamis, Agamis dan Sejahtera.

Bukti implementasi Pemerintah Daerah yang mana dijabarkan melalui misi ketiga yaitu mengoptimalkan pembangunan Daerah berbasis partisipasi masyarakat yang menjunjung tinggi kreativitas dalam bingkai kearifan lokal dan penguatan lingkungan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Mayor Sri Nuraini sebagai Wakasdim Kodim 0624 Kab.Bandung menyampaikan, dalam menjaga solidaritas menjelang Pemilu serentak tentunya ini bukan menjadi tugas aparat keamanan dan pemerintah saja akan tetapi salah satu strategi dari berbagai dukungan dan lapisan masyarakat sehingga perlu bekerja sama yang baik antar pemerintah dan masyarakat,” tegasnya

TNI harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada giat politik praktis sesuai amanah reformasi internal TNI dalam undang-undang nomor 34 tahun 2024, dan mudah mudahan pelaksanaan Pemilu nanti kondusifitas keamanan yang ada di kab.Bandung bisa terjaga dengan keterlibatan semua elemen,” puungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *