Lestarikan Seni Budaya Pencak Silat, Warga Desa Kubang Baros Jalin Silaturahmi

0

Reportase : Babay Suiah.                        Editor In Chief : Hairuzaman.              Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal Tambunan, SH, MH, LLM, P.hd

SERANG – Harianexpose.com |

Pencak Silat adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini memiliki banyak variasi gerakan, teknik, dan filosofi yang berbeda-beda tergantung dari daerah asalnya. Pencak Silat merupakan gabungan dari gerakan-gerakan bela diri serta kepercayaan, budaya, dan adat istiadat setempat. Selain sebagai seni bela diri, Pencak Silat juga memiliki nilai-nilai sosial, keagamaan, dan kebudayaan yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

Pencak Silat dikenal sebagai seni bela diri yang sangat efektif dalam pertarungan jarak dekat dan gerakan-gerakan yang lincah. Seni bela diri ini juga memiliki banyak teknik serangan dan pertahanan menggunakan tangan kosong, senjata tradisional, dan teknik pernapasan yang sangat penting untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh. Pencak Silat juga sering ditampilkan dalam berbagai acara seni budaya, seperti pertunjukan tari dan drama, serta menjadi bagian dari identitas nasional Indonesia.

Dalam rangka menjalin kesatuan, persatuan dan silaturahmi. masyarakat Desa Kubang Baros, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Banten, salah satu Tokoh Masyarakat di Kampung Sadatani, H. Ade, mengajak warganya untuk mencintai dan melestarikan seni budaya Pencak Silat yang saat ini sudah mulai pudar dan dilupakan khususnya bagi generasi muda.

Kepada awak media, H. Ade mengungkapkan, di Desa Kubang Baros banyak potensi yang harus dikembangkan, Baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia nya,

“Salah satunya banyak kelompok – kelompok perguruan seni budaya Pencak Silat di Desa Kubang Baros yang perlu dibina dan mendapatkan dukungan dari semua pihak,” ungkap H. Ade, pada Sabtu (9/09/2023).

Dikatakan H. Ade, dirinya menyatakan siap mengabdikan diri kepada warga  Desa Kubang Baros, menjadi Pembina sekaligus menjadi Guru Pencak silat dengan menumbuh kembangkan sumber daya manusia. khususnya memupuk silaturahmi melalui seni budaya Pencak Silat. Dengan tujuan ingin mempersatukan dan kekompakan warga di Desa Kubang Baros,

“Insya allah, ke depannya dirinya menyatakan siap jika dicalonkan oleh masyarakat untuk ikut serta pada Pemilihan Kepala Desa serentak, mohon do’a dan dukungannya,” tukas H.Ade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *