Kembangkan Industri Gerabah, Perajin Kabupaten Serang Ikuti Pelatihan

0

Reportase : Sudana Sukanta.                  Editor In Chief : Hairuzaman.              Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal Tambunan, SH, MH, LLM, P.hD.

SERANG – Harianexpose.com |

Penyerahan secara simbolis bantuan peralatan pembuatan gerabah diberikan kepada perwakilan peserta pelatihan, Halimi, peserta asal Desa Tambang Ayam, Kecamatan Anyar, Kabupaten.Serang, Banten, pada Kamis (5/10/2023)

Sedangkan, para Perajin Gerabah yang mengikuti pelatihan itu tercatat
sebanyak 20 orang. Peserta pelatihan tersebut merupakan perajin gerabah asal Kabupaten Serang. Dimana kegiataan itu diselenggarakan di Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten.

Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah, pada Kamis (5/10/2023), mengatakan, industri gerabah saat ini terus dikembangkan agar dapat masuk ke pasar internasional. Salah satunya dengan mengembangkan motifnya.

“Upaya pengembangan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada para perajin gerabah. Dengan menggandeng Kyomi Bandung yang di dalamnya diisi oleh alumni Institut Teknologi Bandung (ITB),” katanya.

Tatu mengungkapkan, tercatat ada sebanyak 20 perajin gerabah yang mengikuti pelatihan dan merupakan kalangan anak muda. Hal itu supaya mereka dapat melanjutkan potensi gerabah di Kabupaten Serang dengan berbagai inovasi.

“Pelatihannya sudah selesai, setelah pelatihan kami undang ke Pendopo Bupati,” ujarnya.

Menurut ia, gerabah asal Kabupaten Serang sudah masuk ke pasar nasional. Namun, perlu mendapatkan sentuhan motif agar dapat masuk ke pasar yang lebih luas lagi.

“Motifnya supaya tidak klasik saja, jadi ada perkembangan sesuai dengan kebutuhan pasar. Pasalnya, saat ini pasar gerabah sedang bagus. Karena itu, para perajin harus dapat menangkap peluang tersebut,” katanya.

Bupati Serang juga minta kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang untuk menjalin kerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Kami minta kepada pihak perhotelan juga menyediakan space untuk produk lokal, termasuk gerabah ini,” urainya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag) Kabupaten Serang, Adang Rahmat, mengatakan, pihaknya menargetkan gerabah Kabupaten Serang tidak hanya masuk pasar nasional. Akan tetapi juga bisa masuk pasar internasional.

“Di Kabupaten Serang terdapat banyak perhotelan. Setiap perhotelan membutuhkan gerabah sebagai pajangan yang bernilai seni,” bebernya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *