Galian Tanah PT. Borneo Diminta Perbaiki Akses Jalan

0

Reportase : Nono.                                        Editor In Chief : Hairuzaman.                Deputy Chief Editor : Prof. Dr. KH. Sutan Nasomal Tambunan, SH, MH, LLM, P.hD.

SERANG – Harianexpose.com |

Proyek galian tanah yang tepatnya berada di Kampung Ranca Hideng Pasir Pendey,, Desa Damping, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten, yang dikelola oleh PT. Borneo yang bersinergi dengan warga setempat untuk dapat secepatnya memperbaiki akses jalan bekas galian terdahulu. Sehingga masyarakat bisa lebih memanfaatkan lahan bekas galian untuk sawah dan ladang mereka.

Parman selaku pengelola mengatakan, dengan adanya proyek galian tanah yang dimulai tahun 2019 dan pengerjaan di tahun 2023 ini hanya sebatas untuk perbaikan akses jalan dari pekerjaan sebelumnya yang belum sempat diperbaiki dan mudah-mudahan di bulan-bulan ini selesai.

Lanjut Parman, kami dan warga sangat berterima kasih kepada H. Sulaeman Ridho selaku Direktur PT Borneo dengan adanya proyek galian tanah ini. Pasalnya bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk warga di sekitar Kampung Ranca Hideng Pasir Pendey,” ucapnya.

Parman menambahkan, karena terbatasnya pekerjaan tidak semua warga bisa bekerja. Akan tetapi, warga bisa memanfaatkan jasa tutup terpal, berjualan air mineral, kopi dan makanan. Mereka bisa merasakan langsung dampak positif dari proyek ini,” ujarnya.

Makrup (28), salah satu warga yang memanfaatkan proyek tersebut merasa bersyukur bisa berjualan. Kendati hanya berjualan kopi dan makanan ringan, setidaknya dirinya dan keluarga ada tambahan penghasilan.

Hal senada juga diungkapkan Makrup (44). Menurut ia, tenaga saya dan warga lainnya yang ada di Kampung ini merasa terbantu bisa mengais rezeki dengan cara menjual jasa tenaga. “Kami berinisiatif untuk menutup terpal mobil agar tanah tidak berceceran di jalan raya. Tentunya jasa kami ini sangat diperlukan oleh pihak pengelola,” pungkas Makrup.

Menurut Parman selaku pengelola, terkait perizinan proyek ini tidak ilegal untuk pajak dan retribusi kami bayarkan sesuai aturan. Karena proyek ini berjalan sejak tahun 2019 dan sempat vakum dulu untuk sementara waktu, Pada tahun 2023 ini hanya untuk kepentingan perbaikan akse jalan saja. Sebab, masyarakat sangat memerlukan akses ini untuk ke ladang, sawah dan akses lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *