Danrem 064/MY, Brigjen TNI Fierman Sjafrial Agustus : “Nenek Moyang Masyarakat Banten Itu Pahlawan Nasional”

0

Editor In Chief : Hairuzaman.

Kota Serang -Harian Expose.com|

Selain Pahlawan Diponegoro sebagai Pahlawan Nasional yang melakukan pemberontakan dalam melawan penjajjah, ternyata nenek moyang masyarakat Banten juga seorang Pahlawan Nasional pertama yakni KH. Wasyid.

Demikian ditegaskan Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Fierman Sjafrial Agustus, ketika menggelar temu media di Makorem 064/MY, Kota Serang, pada Rabu (3/4/2024). Ia mengatakan, KH. Wasyid dikenal yang pertama kali melakukan perlawanan terhadap kaum penjajah yang dikenal dengan peristiwa “Geger Cilegon” pada tahun 1888.

Karena itu, lanjut Brigjen TNI Fierman, masyarakat Banten patut berbangga lantaran ternyata nenek moyangnya adalah seorang pejuang pertama di Indonesia dan sekaligus teecatat sebagai Pahlawan Nasional.

Diketahui, peristiwa Geger Cilegon pada tahun 1888 dipelopori oleh seorang tokoh agama Islam, KH. Wasyid yang biasa disebut dengan Ki Wasyid. Pemberontakan itu bermula dari kesewenang-wenangan pihak Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang mengokupasi Banten sebagai salah satu wilayah jajahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *