Al Muktabar Sebut Banten Berpotensi Jadi Pusat Keuangan dan Ekonomi Syariah

0

 

Reportase : Ahmadin.                            Editor In Chief : Hairuzaman.

SERANG – Harian Expose.com |

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar menghadiri Silaturahmi Idul Fitri 1445 Hijriah yang dilaksanakan oleh Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten. Silaturahmi juga dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma’ruf Amin.

Kegiatan silaturahmi dilaksanakan di dalam kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi, Tanara, Kabupaten Serang, pada Sabtu (4/5/2024). Turut hadir juga Ketua KDEKS Provinsi Banten Siti Ma’rifah bersama jajaran serta tamu undangan lainnya.

Acara silaturahmi itu juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan di antaranya pemberian beasiswa pendidikan untuk mahasiswa dan santri, peluncuran batik motif Tanara dan Sinergi Masyarakat Pesantren (Smartren).

Seusai acara Al Muktabar mengungkapkan banyak arahan yang diberikan Wapres kepada Pemprov berkenaan dengan pengembangan potensi ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Banten. “Kita punya Bandara Internasional, kawasan industri, Pelabuhan, kearifan lokal serta kultur masyarakat yang sebagian besar religius menjadi keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya,” kata Al Muktabar.

Selain itu, lanjut Al Muktabar, Provinsi Banten juga menjadi satu-satunya daerah yang memiliki menara syariah yang menjadi pusat kegiatan ekonomi syariah baik tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan itu, Banten dicanangkan untuk menumbuhkan pusat ekonomi dan keuangan syariah, bahkan sampai tingkat dunia untuk kita mengambil peran di sana,” ujarnya.

Untuk mendukung itu, pada saat Musrembang kemarin kita telah memposisikan semua sektor-sektor itu untuk bisa terwadahi di dalam upaya membangun Provinsi Banten dengan pengembangan sedemikian rupa.

“Tentu asas-asas teknis lainnya akan dilaksanakan oleh OPD terkait dengan partnershipnya,” ucapnya.

Sementara itu Wapres KH Ma’ruf Amin mengapresiasi atas komitmen Pemprov Banten yang telah banyak bersinergi dengan semua pemangku kepentingan untuk menjadikan ekonomi dan keuangan syariah sebagai pendorong kemajuan di Provinsi Banten.

“Ekonomi syariah ini merupakan salah satu upaya kita untuk membimbing masyarakat agar muamalah mereka tetap dalam koridor sistem ekonomi yang sesuai dengan syariah,” jelasnya.

Menurut KH Ma’ruf Amin, Provinsi Banten ini mempunyai banyak potensi yang bisa dikembangkan, tidak hanya dalam tataran nasional tetapi juga ikut berperan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah pada tingkat dunia.

“Kita ingin mengulang peradaban Banten di masa dahulu, dimana kemajuan ekonominya sampai dikenal dunia. Makanya saya juga ingin pelabuhan-pelabuhan besar di Banten itu bisa lebih dioptimalkan,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *