Warga Cipete Gelar Lomba Jenis Burung Perkutut Berkicau

0

Kota Serang, Harianexpose.com

Warga RT. 01/RW.04 Kotser, Lingkungan Cipete, Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, menggelar lomba burung berkicau. Sementara itu, jenis burung yang dilombakan yakni burung jenis Perkutut.

Sebelum burung Perkutut itu dilombakan, para penggemar terlebih dahulu harus merawat dan melatihnya sedini mungkin. Karena kriteria penilaian antara lain dilihat dari, bentuk fisik, warna burung yang telah dihias dan bunyi suaranya yang merdu.

Sedangkan lomba burung Perkutut yang ditampilkan dalam ajang kontes itu harus berjenis lokal dan bangkok. Sebelumnya, dua jenis burung tersebut harus dilatih dan dirawat secara apik.

Menurut salah seorang peserta lomba burung berkicau Perkutut, Mas Aris MG, perlombaan jenis burung Perkutut itu perlu adanya perawatan yang teliti dari pemiliknya. Selain itu, kesehatan burung juga harus selalu dijaga agar tetap fresh.

Mas Aris menuturkan, ada jenis burung Perkutut yang tubuhnya tumbuh tidak seperti lazimnya. Hal itu seperti burung Perkutut mayoritas misalnya mempunyai ciri bulu putih yang tumbuh di bagian kepala dan jumlah ekor sisik kakimya mayoritas silang.

Ia menambahkan, penggemar burung jenis Perkutut ini ternyata cukup banyak. Terutama warga yang tinggal di Lingkungan Cipete, Kelurahan Sumur Pecung. Bahkan, para penggemar burung jenis Perkutut itu masing-masing memberikan nama sesuai dengan seleranya masing-masing

Reporter : Maman Suherman.
Editor In Chief : Hairuzaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *