Di Cilegon, Pemain Sinetron Ucok Baba Hibur Narapidana

0

CILEGON, Harianexpose.com

Stigma negatif masyarakat tentang Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) bukan lagi menjadi hal yang tabu. Padahal Lapas tak sekadar membina Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Namun, juga dapat berkarya membangun negeri.

Untuk itu, perlunya publikasi terkait kondisi dan kegiatan pembinaan yang ada di Lapas kepada masyarakat umum.. Selain memberikan informasi, edukasi juga dibutuhkan.

Tak ayal, para publik figur pun tak kalah aktif membantu Lapas memberikan informasi dan edukasi seputar lembaga pemasyarakatan.

Ucok Baba termasuk salah satu aktor sinetron yang kerap menunjukkan kepeduliannya terhadap pembinaan WBP di dalam Lapas. Salah satu aksi nyata yang ia perlihatkan adalah dengan mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon (Lapas Cilegon). pada Selasa (28/9/2021).

Dalam kunjungannya hari ini ke Lapas Cilegon, Ucok Baba merasa speechless melihat kegiatan para Napi di Lapas. Ia tak menyangka para Napi bisa menghasilkan berbagai produk hasil ketrampilan yang diajarkan oleh Petugas Lapas. Salah satunya, hasil budi daya dibidang pertanian.

“Luar biasa, ternyata dibalik jeruji besi yang terhalangi tembok besar Lapas, tidak membatasi mereka (para Napi) untuk tetap berkreativitas. Jadi, dengan adanya pembinaan ini, apalagi mereka diajarkan bercocok tanam, ini sedikitnya bisa mengurangi rasa jenuh dan penat terkurung di dalam penjara”, ujar Ucok.

“Pembinaan Napi ini sudah sepatutnya diketahui masyarakat luas. Ini bisa menjadi bukti kalau Lapas bukanlah tempat menakutkan. Bukan tempat penyiksaan, tetapi tempat menjadikan seorang nara pidana menjadi manusia lebih baik yang menyesali perbuatan kelamnya dan tidak mengulangi hal yang sama serta dapat kembali ke masyarakat dengan skills dan kepercayaan diri untuk hidup bermasyarakat,” tandasnya.

Ucok juga mengaku, kedatangannya ke Lapas Cilegon bukan suatu ketidaksengajaan. Akan tetapi, ia sebelumnya telah seaching terlebih dahulu dan tertarik dengan pembinaan Napi di Lapas Cilegon. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, ia mengaku ingin meluangkan waktunya dengan mengunjungi tempat-tempat yang dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat di rumah.

“Supaya masyarakat di rumah tidak bosan di masa pandemi Covid-19 seperti ini, tentu perlu hiburan dari para pemangku dunia hiburan seperti para artis dan aktor. Selain memberikan hiburan kepada khalayak, edukasi dan informasi juga perlu. Sehingga masyarakat tetap cerdas dan tidak tertinggal informasi,”  katanya.

Reportase : Babay Suiah

Editor In Chief : Hairuzaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *