Dinas Perkim Banten Sulap Kawasan Kumuh Menjadi Kawasan Layak Anak

0

LEBAK, Harianexpose.com

Suasana gembira dirasakan masyarakat Desa Cijoro, Kabupaten Lebak, setelah dibangunnya Ruang Terbuka Publik oleh Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas PERKIM. Nunung salah satu pemanfaat ruang publik ini menyampaikan perasaan gembiranya ketika putrinya bisa bermain di area layak anak ini.

“Alhamdulillah, sekarang sudah dibangun tempat ini. Anak saya jadi ada tempat mainnya.” ungkap Nunung.

Sebelumnya kawasan ini merupakan jawasan yang tergolong kumuh di Kabupaten Lebak. Kawasan kumuh yang terjadi biasanya akibat genangan air banjir tahunan, saluran pembuangan mampet/tidak lancar, Jalan lingkungan rusak, tidak adanya ketersediaan sarana air bersih, masalah persampahan, tidak tersedianya sanitasi/MCK, dan kurang tersedianya Ruang Terbuka Hijau/ruang publik.

Tahun 2018, Dinas Perkim Banten, telah melakukan peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh di Desa Cijoro, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, terutama pembangunan Ruang Terbuka Publik. Mulai dari pembangunan gapura, area playground, lapangan futsal, area fitness outdoor dan musholla yang langsung dipergunakan oleh masyarakat.

Selain Ruang Terbuka Publik, telah dibangun juga sarana prasarana air bersih, MCK, drainase, peningkatan jalan lingkungan, sarana persampahan, dan hydran umum sebagai sarana penangulangan kebakaran.

Pemerintah Provinsi Banten akan terus melakukan penataan di Kawasan kumuh sehingga bisa terwujud permukiman yang layak bagi masyarakat Provinsi Banten. (Advertorial).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *