Desa Kebon Ratu Gelar Pelatihan Peningkatan Kader Posyandu

0

Serang, Harianexpose.con –

Pemerintah Desa Kebon Ratu,  Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kader Posyandu. Kegiatan itu bertempat di Aula Kantor Desa Kebon Ratu, pada Jum’at (31/12/2021).

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan masyarakat mengikuti protokol kesehatan (Prokes) Covid-19

Acara pelatihan bagi kader Posyandu itu dihadiri oleh kepala desa dan staf. Tampak pula hadiri masyarakat dan BPD Kebon Ratu.

Kepala Desa Kebon Ratu, Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, Guruh, kepada awak media, mengatakan, peningkatan kepasitas kader Posyandu ini ke depannya harus lebih meningkat untuk kesejahteraan masyarakat.
Di Desa Kebon Ratu tercatat ada empat Pos, salah satunya di Singapadu, Kebon, Krian dan Warakas.

Elis Novianti, Kader Posyandu Desa Kebon Ratu, Elis Novianti, menerangkan, Posyandu merupakan program Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu.

Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat yang menyelenggarakan sistem pelayanan kebutuhan dasar peningkatan kualitas manusia. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak

“Kegiatan Posyandu merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk memantau pertumbuhan berat badan balita dan memberikan konseling gizi serta memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar,” kilah Elis.

Menurut ia, kader Posyandu yang merupakan anggota masyarakat yang dipilih dari masyarakat. Mau dan mampu bekerja bersama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan secara suka rela dilatih untuk menangani masalah-masalah kesehatan perorangan. Pelayanan Posyandu dilakukan secara rutin. Adapun kader Posyandu tersebut
memiliki tugas yaitu, memberitahukan jam buka Posyandu kepada masyarakat, menyiapkan peralatan untuk penyelenggaraan Posyandu sebelum pelaksanaan Posyandu.

Selain itu, melakukan pendaftaran bayi, balita, ibu hamil, dan ibu usia subur yang hadir di Posyandu, melakukan penimbangan bayi dan balita serta mencatat hasil penimbangan pada KMS. Melakukan penyuluhan perorangan kepada ibu-ibu di meja serta melakukan kunjungan rumah untuk melakukan penyuluhan khusus pada Bumil

Elis menambahkan, peningkatan kepasitas kader Posyandu sangat penting untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan peran kader Posyandu, Sehingga diharapkan pelayanan Posyandu akan lebih baik. Kader Posyandu sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tubuh kembang anak harus berperan lebih aktif untuk menciptakan generasi muda yang lebih produktif.

Reportase : M. Nurul Ulum.

Editor In Chief : Hairuzaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *