Prof. Dr. Ruskawan : “Arteria Dahlan Harus Diadili Dimuka Hukum”

0

Cianjur, Harinexpose.com

Anggota Komisi 3 Fraksi PDIP, Arteria  Dahlan, sudah mencederai kebhinekaan, karena negara Indonesia lahir dan terdiri atas perbedaan- perbedaan suku agama dan ras. Hal itu ditegaskan Ketua Lembaga Kebudayaan Cianjur (LKC), Prof. Dr. Abah Ruskawan, kepada awak media, pada Rabu (19/1/2022).

“Dia sudah melukai hati masyarakat Sunda dan dia juga rasanya tidak cukup hanya minta maaf. Tapi dia harus didakwa dan diadili. Karena sudah masuk ke ranah pidana,” kata Prof. Dr. Abah Ruskawan, Ketua Paguyuban Pasundan Komda Wilayah 2  di kediamannya, Cianjur, Rabu (19/1/2022), menyikapi perilaku Arteria Dahlan yang melukai perasaan orang Sunda.

Menurut Abah Ruskawan, ungkapan Arteria sudah masuk kategori ujaran kebencian. Bisa saja nanti ahli hukum menyimak bahwa dia juga sudah melanggar undang-undang IT.

“Apalagi setelah ada informasi bahwa 5 Kajati  yang berasal dari Jawa Barat dari Sunda tidak pernah rapat menggunakan bahasa Sunda,”Jangan-jangan ini juga adu domba dalam artian kebetulan Jaksa Agung-nya orang Sunda,” bebernya.

Abah juga mempertanyakan, apakah ini ada semacam skenario dia untuk menggantikan Kajati, terutama yang jadi sasaran tembak informasi adalah Kajati  Jawa Barat.

“Nah, terus apakah dengan dia mengusulkan kalaupun benar ada rapat menggunakan bahasa Sunda,csaya tidak yakin ada, paling berseloroh, kalau pun ada selorohan dengan bahasa Sunda,” tukasnya

“Apakah sekejam itu yang namanya hukum. Pasal mana dan undang-undang yang mana yang bisa menghakimi bahwa berbicara dengan menggunakan bahasa Sunda itu adalah bisa dipidana sampai dengan pemecatan,” kilahnya.

Menurut Abah, jadi sekali lagi bahwa yang namanya Arteria Dahlan harus dilawan. Orang Sunda harus bangkit dan melawan. Arteria Dahlan tidak cukup hanya permohonan maaf. Tapi perlu didakwa, perlu diadili secara hukum karena beliau sudah masuk ranah ujaran kebencian.

“Saya juga justru pernah melihat dia pada saat debat di televisi dia sangat menyinggung orang tua yang namanya Prof. Emil Salim,” ungkapnua.

Abah mengajak orang Sunda harus bangkit dan melawan jangan sampai nanti muncul Arteria Dahlan yang lain yang memang ini tidak patut dibiarkan “Jadi sekali lagi, orang Sunda harus melawan,” tegasnya.(Hr/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *