Geliat Potensi Destinasi Wisata Bendung Sindangheula

0

Oleh : Hairuzaman.
(Editor In Chief Harianexpose.com)

Bendung Sindangheula yang berlokasi di Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, menurut rencana bakal disulap menjadi salah satu destinasi wisata andalan. Hanya saja, sejauh ini Pemerintah Kabupaten Serang, belum menentukan titik-titik mana saja yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata di kawasan Bendung Sindangheula tersebut.

Tentu saja Pemerintah Kabupaten Serang harus melakukan kajian secara intensif terkait adanya rencana Bendung Sindangheula yang akan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata. Apalagi obyek wisata itu akan dijadikan salah satu sumber bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Serang. Tentu saja, Pemkab Serang harus melakukan berbagai upaya agar Bendung Sindangheula menjadi “magnet” bagi para wisatawan yang akan berkunjung untuk menikmati panorama alam Bendung Sindangheula

Bendung Sindangheula dinilai mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lokasinya yang tak jauh dari Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) dan dari kota/kabupaten yang ada di Banten, merupakan obyek wisata yang dinilai cukup strategis dan mudah untuk dijangkau. Sehingga Bendung Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, cukup prospektif untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata.

Hanya saja, Pemkab Serang diharapkan harus mengelolanya dengan memanfaatkan kearifan lokal. Misalnya, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Sindangheula guna mengelola obyek wisata tersebut. Sehingga akan bisa menyerap tenaga kerja lokal dan sekaligus dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa setempat.

Pengelolaan obyek wisata Bendung Sindangheula diharapkan pula bisa dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Bumdes di wilayah Klaten, Jawa Tengah, yang mengelola obyek wisata. Bahkan, Bumdes tersebut mampu meraup pundi-pundi rupiah hingga mencapai puluhan miliar.

Dengan memberikan kesempatan terhadap Bumdes dalam pengelolaan obyek wisata Bendung Sindangheula, diharapkan akan ikut membantu menopang program pembangunan yang telah direncanakan oleh Pemerintah Desa Sindangheula. Terutama terkait dengan subsidi anggaran yang bisa dilakukan oleh Bumdes jika destinasi wisata Bendung Sindangheula itu nantinya dikelola secara profesional.

Untuk memulai agar destinasi wisata Bendung Sindangheula bisa berkembang dan maju, saat ini berpulang pada kebijakan yang akan ditempuh oleh Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah. Dimana diharapkan Pemkab Serang, akan memanfaatkan kearifan lokal dan melibatkan masyarakat setempat guna mengembangkan destinasi wisata Bendung Sindangheula tersebut. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *