Pengurus Karang Taruna Versi Kades Kosambi Ronyok Dinilai Cacat Hukum

0

Serang, Harianexpose.com

Pengurus Karang Taruna Kecamatan Anyar, Eka Yulianto, menandaskan, Pemerintah Desa Kosambi Ronyok Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, dinilai telah melakukan tindakan yang sewenang-wenang dengan mengganti Pengurus dan Anggota Karang Taruna yang syah di desa tersebut

Menurut, Eka Yulianto, Pengurus Karang Taruna Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, sama sekali tidak mengakui hasil Pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Kosambi Ronyok. Hal itu lantaran dinilau cacat hukum. Karena telag melanggar AD/ART, pada Selasa (15/2/22).

Kepala Desa Kosambi Ronyok, Syarif Hidayatullah, yang baru menjabat tiga bulan langsung mengintervensi dan menggagas pergantian Pengurus Karang Taruna yang syah dan masih dalam periode jabatan.

Deva Fahrizal Umami, salah seorang Pegiat Sosial di Kecamatan Anyar (Anyar TV Channel), ketika dikonfirmasi di lokasi Kantor Desa, mengatakan, Syarif Hidayatullah pada Jum’at (11/2/22), mengumpulkan para Ketua RT/RW di Kantor Desa Kosambi Ronyok untuk melakukan pergantian Pengurus Karang Taruna dan Pemilihan Ketua Karang Taruna yang baru.

Dalam acara Pemilihan Ketua Karang Taruna itu terdapat 6 kandidat yang diusulkan dari setiap RT/RW. Pemilihan dilakukan secara voting dan hasilnya Bagus Andika, meraih suara terbanyak dengan mengantongi 22 suara.

Pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Kosambi Ronyok itu tampak berlangsung demokratis. Kendati demikian,ternyata Pengurus Karang Taruna Kecamatan Anyar, tidak menyetujui proses pemilihan Ketua Karang Taruna versi Kepala Desa Kosambi Ronyok, Syarif Hidayatullah tersebut.

Adanya intervensi yang dilakukan oleh Kepala Desa Kosambi Ronyok dan mekanisme yang dipakai dalam pemilihan Pengurus Karang Taruna Desa Kosambi Ronyok yang baru tersebut, dinilai telah melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Kepala Desa dalam AD/ART Karang Taruna hanya sebatas mengukuhkan saja. Bukan mengintervensi sampai dengan menggelar acara pemilihan dan menentukan siapa kandidatnya. Karefna hal ini merupakan ranah dan kewenangannya organisasi Karang Taruna. Biarkan mereka berjalan secara mandiri dan sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam AD/ART,” beber Eka Yulianto, Ketua Karang Taruna Kecamatan Anyar, Selasa (15/2/22).

Reportase : Sudana Sukanta.

Editor In Chief : Hairuzaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *