Dikepung Banjir, Kota Serang Lumpuh Total

0

Oleh : Hairuzaman.
(Editor In Chief Harianexpose.com)

Hujan deras yang mengguyur sejak Senin malam membuat air sungai Cibanten meluap hingga ke pemukiman penduduk di beberapa titik di Kota Serang, Provinsi Banten. Tak pelak lagi, Kota Serang pun akhirnya pada Selasa (1/3/2022), menjadi lumpuh total. Sehingga aktifitas masyarakat Kota Serang menjadi terganggu.

Bencana banjir yang dipicu oleh meluapnya sungai Cibanten itu merendam sejumlah pemukiman penduduk di Kota Serang. Sebut saja seperti di Kaujon, Kaloran, Legok, dan beberapa wilayah lainnya yang ada di Kota Serang. Banjir juga sempat memporak-porandakan beberapa rumah penduduk. Bahkan, ada pula rumah yang hanyut terbawa arus air yang begitu deras. Termasuk rumah warga yang roboh di Lingkungan Legok, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, lantaran dihantam bencana banjir.

Bencana banjir yang terjadi di Kota Serang itu terbilang yang cukup parah. Disinyalir meluapnya air Cibanten ke sejumlah pemukiman padat penduduk itu akibat semakin menyempitnya hulu sungai. Sehingga aliran air sungai Cibanten tak mempunyai ruang yang cukup dan mampu menampung debit air hujan yang begitu besar. Semakin menyempitnya sungai Cibanten itu lantaran sebagian telah menjadi pemukiman penduduk. Tak ayal, akibatnya air sungai pun meluap dan merendam sejumlah pemukiman penduduk di Kota Serang

Kota Serang sebagai etalase Provinsi Banten, sejatinya mempunyai tata kota yang baik. Jika saat ini masalah banjir tidak segera ditangani dengan serius oleh Penerintah Kota Serang, maka diprediksi di masa yang akan datang bencana banjir akan lebih dahsyat lagi ketimbang yang terjadi sekarang ini.

Diharapkan Pemerintah Kota Serang, agar secepatmya melakukan normalisasi Sungai Cibanten yang kondisinya sekarang cukup mengkhawatirkan tsrsebut. Dimana kondisi sungai saat ini semakin menyempit. Sehingga tak mampu menampung debit air hujan yang begitu besar. Akibatnya, masyarakat Kota Serang terkena dampaknya.

Dampak dari bencana banjir itu, perekonomian masyarakat Kota Serang menjadi lumpuh total. Sejauh ini Pemerintah Kota Serang belum melakukan pendataan total kerugian yang diderita oleh warga Kota Serang akibat terendam banjir tersebut. Karena itu, Pemkot Serang diharapkan segera melakukan evakuasi dan pendataan terhadap korban banjir yang terjadi di beberapa titik di Kota Serang. Pasalnya, masyarakat Kota Serang saat ini sangat membutuhkan bantuan terutama dari Pemkot Serang maupun Penerintah Provinsi Banten. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *