Melalui Latihan Kepemimpinan, Pemprov Banten Berharap Bisa Tingkatkan Kreativitas Pemuda

0

Kota Serang, Harianexpose.com

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, menggelar Latihan Kepemimpinan Pemuda. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skills pemuda dalam kepemimpinan, membentuk karakter dan meningkatkan kepercayaan diri serta memupuk calon pemimpin untuk ke depannya.

Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH), dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Banten, Septo Kalnadi berharap kegiatan Latihan Kepemimpinan Pemuda dapat dijadikan sebuah wadah untuk menambah wawasan pengetahuan bagi para pamuda, dan dapat dijadikan bekal untuk menyiapkan diri ke depannya.

“Bagaimana menyiapkan diri untuk ke depannya. Jadikan pelatihan kepemimpinan itu selain menambah wawasan, tetapi juga menambah jejaring,” ungkap Gubernur dalam sambutannya yang disampaikan Septo Kalnadi, dalam Pembukaan Kegiatan Latihan Kepemimpinan Pemuda Tingkat Provinsi Banten, di Gedung Negara Provinsi Banten Jl. Brigjen KH Syam’un No.5, Kota Serang, pada Selasa (15/3/2022).

Gubernur Banten minta kepada para peserta dapat berperan aktif dan memanfaatkan dengan betul-betul atas kesempatan ini. Sehingga dapat membangkitkan inovasi dan kreatifitasnya setelah mengikuti kegiatan latihan kepemimpinan tersebut.

“Nanti diharapkan bisa lebih membangkitkan inovasi dan kreatifitas,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga mengingatkan kepada para peserta bahwa pemuda memiliki potensi besar dalam membangun suatu negara maupun daerah.

“Bung Karno pernah menyatakan ‘Beri aku 10 pemuda akan ku gemparkan dunia’. Itu menggambarkan potensi pemuda sangat besar. Tercatat sekitar 25 persen dari populasi setiap daerah isinya pemuda,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan saat ini terdapat beberapa persoalan yang terjadi pada usia produktif. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu solusi dari persoalan tersebut, serta mampu mengoptimalkan bonus demografi.

“Yang diharapkan pemuda Banten maju, mandiri, punya inovasi dan berdaya saing,” jelas Gubernur

Ia juga berpesan kepada seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Banten dapat bersama-sama mengoptimalkan potensi dari bonus demografi tersebut.

“Bonus demografi harus dikeroyok ramai-ramai, jangan sampai bonus demografi jadi beban baru,” pungkas Gubernur.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten, Ahmad Syaukani, mengatakan, kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Pemuda tersebut akan di isi oleh beberapa nara sumber.

“Nanti ada beberapa nara sumber yang mengisi, di antaranya dari Komisi V DPRD Banten, Asisten Deputi Kepemudaan Kepemimpinan dan Kepeloporan Menpora, Korem 064 Maulana Yusuf, serta dari Resimen Mahasiswa, Instruktur BPSDM Provinsi Banten, dan Rumah Prestasi,” ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan karakter pemuda yang tegas, disiplin, bertanggung jawab dan menumbuhkan rasa kebersamaan yang tinggi.

“Diharapkan dapat menumbuhkan sikap yang mengedepankan kepentingan tugas dan kepentingan masyarakat di bandingkan dengan kepentingan pribadi,” tandasnya.

Kegiatan Latihan Kepemimpinan Pemuda di Tingkat Provinsi Banten dibuka Gubernur Banten, Wahidin Halim, yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Banten, Septo Kalnadi, dengan menyematkan kartu peserta kepada perwakilan peserta.

Diketahui, Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari, yang dimulai sejak tanggal 15-17 Maret 2022, dan diikuti oleh 50 peserta, terdiri dari 40 peserta perwakilan pemuda-pemudi dari Kabupaten Kota dan 10 dari Resimen Mahasiswa Maha Banten.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan itu, Ketua KNPI Provinsi Banten Ali Hanafiah, dan Komandan Menwa Maha Banten, Agus Supriyadi.

Reportase :Maman Suherman.

Editor In Chief : Hairuzaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *