Musrenbang 2023, Pemkot Serang Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,9 %

0

Kota Serang, Harianexpose.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, menargetkan sasaran pembangunan pada tahun 2023 nanti pertumbuhan ekonomi mencapai sekitar 5,3 – 5,9 persen. Sedangkan penurunan emisi gas rumah kaca sekitar 27,02 persen

Hal itu dikatakan Kepala Bappeda Provinsi Banten, Dr. Mahdani, SE, ST, MM, M.Si, pada acara Musyawarah  Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Serang RKPD Tahun 2023, bertempat di Hotel Horison Ultima Ratu, di bilangan Jl. KH. Abdul Hadi, Kota Serang. Menurut ia, tingkat pengangguran terbuka 5,3 – 6,0 persen, indeks pembagunan manusia 73,29 – 73,35 persen dan tingkat kemiskinan 7,0 – 8,0 persen.

Mahdani menjelaskan, arah kebijakan RKP tahun 2023 antara lain, percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim. peningkatan kualitas SDM, kesehatan dan pendidikan. Penanggulangan pengangguran disertai dengan peningkatan decent job. Selain itu, mendorong pemulihan dunia usaha, revitalisasi industri dan penguatan riset terapan, pembangunan rendah karbon dan transisi energi (respons terhadap perubahan iklim), percepatan pembangunan infrastruktur dasar antara lain, air bersih dan sanitasi serta pembangunan ibu kota nusantara.

Sementara Wali Kota Serang, H. Syafrudin, S.Sos, M.Si, mengatakan, kegiatan Musrenbang ini dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga ke tingkat Kota Serang. Salah satu tahapan proses pembangunan adalah melalui Musrenbang.

“Saya dan Wakil Wali Kota Serang, akan berakhir masa jabatannya pada tahun 2023 yang akan datang. Karena itu, Musrenbang tahun 2022 ini merupakan yang terakhir,” bebernya.

Syafrudin menguraikan, Musrenbang ini merupakan cerminan aspirasi masyarakat Kota Serang. Dari tahun ke tahun Kota Serang mengalami perubahan dan kemajuan. Untuk itu, program dalam Musrenbang harus jelas dan berpihak kepada masyarakat.

“Program pengurangan angka pengangguran dan pengentasan kemiskinan harus menjadi prioritas dalam kegiatan Musrenbang Kota Serang RKPD Tahun 2023,” tukasnya

Musrenbang RKPD Kota Serang Tahun 2023, dengan mengambil thema “Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah melalui Peningkatan Daya Saing dan Infrastruktu,,'” ujar Ketua Panitia Pelaksana Musrenbang RKPD Kota Serang Tahun 2023, Hj. Lina. (Tim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *