Biang Kerok Penundaan Pemilu 2024

0

Oleh : HAIRUZAMAN.
(Editor In Chief Harianexpose.com)

Aksi demomstrasi kalangan mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI pada 11 April 2022, sebenarnya dipicu oleh adanya wacara tiga partai politik yang mengharapkan agar Pemilu 2024 ditunda pelaksanaannya. Selain itu juga memberikan peluang agar Presiden Jokowi menjabat sebanyak 3 periode.

Padahal sesuai dengan agenda, Pemilu akan dilaksanakan pada 2024 yang akan datang. Sebab, sesuai dengan konstitusi jabatan Presiden itu dibatasi hanya 2 periode. Jika ingin berubah, maka harus menempuh proses amandemen di parlemen yang tahapannya terbilang sulit. Karena harus diikuti oleh seluruh anggota DPR RI dan DPD RI melalui sidang di MPR. Karena itu, jabatan Presiden hanya 2 periode sesuai konstitusi.

Tercatat dari 9 jumlah partai politik yang ada di parlemen, sebanyak 3 partai politik menggelindingkan wacana yang tidak populis berupa jabatan Presiden 3 periode dan penundaan Pemilu 2024. Ketiga Ketua Umum Partai Politik yang menggagas itu antara lain, Muhaimin Iskandar (PKB), Zulkifli Hasan (PAN) dan Airlangga Hartarto (Golkar).

Sayangnya, gagasan keblinger ketiga pentolan partai politik itu tidak direspons oleh partai politik lainnya. Disusul dengan pidato Presiden Joko Widodo ysng menyatakan pelaksanaan Pemilu akan digelar sekitar Februari 2024 sesuai agenda. Sehingga mementahkan keinginan 3 partai politik tersebut.

Boleh jadi ketiga menteri kabinet Jokowi yang notabene sebagai Ketua Umun partai politik itu bertujuan hanya untuk kepentingan politik kelompoknya saja. Sehingga akan terus dipakai oleh Presiden Jokowi. Atau mungkin pula ada maksud lain yang bernuansa politis terkait dengan posisi tawar ketiga partai politik tersebut di mata Presiden Jokowi.

Apapun dalihnya, menuju proses amandemen konstitusi itu bukanlah jalan yang mudah. Apalagi rakyat menolak adanya jabatan Presiden selama tiga periode. Kondisi ini juga dipicu dengan naiknya harga minyak goreng di pasaran, harga Petramax sebesar Rp. 12,500 ribu, dan harga kebutuhan lainnya yamg mengalami kenaikan menjelang ramadhan tahun 1443 H ini.

Dalam aksi demo pada 11 April 2022, ada 6 tuntutan BEM SI antara lain :

1. Tolak penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode.

2 .Tunda dan kaji ulang UU IKN karena banyak pasal bermasalah.

3. Stabilkan harga dan jaga ketersediaan bahan pokok.

4. UUsu tuntas mafia minyak goreng dan evaluasi Menteri terkait.

5. Selesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia.

6. Tuntaskan janji kampanye di sisa masa jabatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *