Kwarcab Pramuka Kab. Bandung Wajibkan Pramuka di Setiap Institusi Pendidikan

0

Bandung, Harianexpose.com –

Bupati Bandung, HM. Dadang Supriatna, yang diwakili Kadispora, Dr. H. Marlan Nirsyamsu, menyampaikan sambutan tertulis sekaligus membuka acara Diklat Pitaran Pelatih, Kegiaan itu digelar di Shunshen Hotel Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Senin (23/5/22).

Dalam kegiatan itu tampak hadir pula sejumlah nara sumber profesional dari Kwarnas, Kwarcab, para Pelatih dan Pembina Pramuka seluruh Kabupaten Bandung.

 

Kabid. Pemuda Dispora Kabupaten Bandung, yang juga Ketua Pelaksana, Yudi Heryana S.STP, ketika dihubungi Harianexpose.com, usai acara mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi antara pihak Pemda Kabupaten Bandung, melalui Dispora dengan Kwarcab Kabupaten Bandung Tujuannya guna meningkatkan pembinaan dan potensi kepramukaan.

“Sesuai motto kali ini, Melalui Diklat Pitaran adalah guna peningkatan peran serta. Gerakan Pramuka adalah mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bandung melaui pitaran pelatih dan pembinaan Pramuka tahun 2022.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung, Hj. Emma Dety Permanawati S.Pdi, MM, menghimbau kepada seluruh satuan pendidikan, baik dari tingkat SD, SMP, SMA atau yang sederajat.yang ada di Kabupaten Bandung, agar mewajibkan adanya kegiatan Pramuka .

Hj. Emma selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melayangkan sebuah surat permohonan kepada Dinas Pendidikan untuk secepatnya membuat surat edaran ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bandung. Kegiatan Pramuka ini harus dijadikan kegiatan ekstra kurikuler (Ekskul) yang wajib.

Menurut Hj. Emma, dengan ekskul Pramuka ini tak lain adalah guna mendidik anak-anak dari mulai kemandirian, perilaku serta tanggung jawab. Sehingga anak tersebut terdidik sedini mungkin, terutama melalui Pramuka.

Hj. Emma menguraikan, keterkaitan dengan Pramuka ini selain melibatkan Dindik, juga akan melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes). Semua itu sudah masuk di dalam struktur kepengurusan Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung. Dan mereka harus bisa memberikan edukasi kepada para Pramuka yang ada di Kabupaten Bandung.

Di tempat terpisah, Jaja Sujai, selaku pelatih menyoroti terkait kegiatan Pramuka tersebut. Menurut ia, pihaknya sangat mengapresiasi. Bahkan mendorong dengan munculnya ide Ketua Kwarcab Pramuka Kabipaten Bandung, Hj. Emma, bahwa di setiap satuan pendidikan dari masing-masing sekolah SD/SMP/SMA atau yang sederajat harus diwajibkan ada kegiatan Pramuka .

Reportase : A. Abdurrochim S.

Editor In Chief : Hairuzaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *