Ratu Tatu Chasanah Nakhodai (Kembali) PMI Banten

0

Reportase : Suprani – Editor In Chief : Hairuzaman.

SERANG, Harianexpise.com

Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah , SE, M.Ak, kembali diberi amanah untuk menakhodai Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten masa bhakti 2022-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) PMI Banten, yang di gelar di Hotel Horison Ultima Ratu Serang, pada Jum’at (16/9/2022).

Seluruh pemilik suara dari PMI delapan kabupaten/kota dan perwakilan PMI pusat menilai Tatu berhasil melaksanakan kerja-kerja kemanusiaan selama periode 2017-2022. Bahkan, PMI Banten saat ini dinilai menjadi salah satu kepengurusan yang memberikan kekuatan bagi kepalang merahan di Indonesia.

“Puji syukur kehadirat Allah SWT karena saya masih diberi kesehatan untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Kita bismillah. Bagi kami, orang-orang yang mau tergabung di PMI untuk kerja kemanusiaan adalah panggilan hati nurani, betul-betul keikhlasan,” ucap Tatu kepada wartawan usia terpilih kembali untuk memimpin PMI Banten.

Lebih lanjut Tatu mengungkapkan, ucapan terima kasih atas bimbingan dan arahan PMI pusat dan dukungan dari PMI kabupaten/kota.

“Terima kasih kepada jajaran Pengurus PMI Banten dan  dan kabupaten/kota atas dukungan selama ini. PMI Banten punya hasil kerja nyata yang positif, merupakan hasil kerja semua, termasuk dari kabupaten/kota,” tegasnya.

Menurut Tatu, PMI diberi amanah oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, antara lain di bidang penanganan bencana dan pelayanan darah.

“Kita punya relawan, kemampuan mereka harus dipersiapkan, untuk sarana parasana penanganan kebencanaan kita perkuat. Pelayanan donor darah di kabupaten /kota kita tingkatkan. Kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama, itu modalnya,” tandasnya.

Sambung Ketua Bidang Organisasi PMI Pusat, Muhammad Muaz, kepengurusan PMI Banten di bawah kepemimpinan Ratu Tatu mendapatkan apresiasi dari PMI Pusat. Bahkan, Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, kerap memuji Tatu pada acara-acara nasional.

“Setiap acara nasional, beliau selalu menjadi kekuatan Palang Merah di Indonesia, dan itu selalu diucapkan oleh Ketua Umum,” ujar Ketua Bidang Organisasi PMI Pusat, Muhammad Muaz yang hadir dalam Musprov.

Provinsi Banten, menurut Muaz, merupakan provinsi yang baru berkembang, tapi PMI Banten punya kekuatan dalam menangani masalah kemanusiaan, tanggap darurat bencana, dan punya markas yang berkinerja baik.

“Paling penting, Markas PMI Banten yang terbaik dari seluruh Indonesia. Pertama dia punya tempat, lahan luas, dan punya pusat pendidikan dan pelatihan. Jadi ini bagi kita, tinggal melanjutkan saja,” ujarnya.

Menurut ia, para peserta Musprov sudah tepat meminta dan mendukung kembali Ratu Tatu untuk memimpin PMI Banten lima tahun ke depan. Tatu dinilai punya dedikasi tinggi dalam kerja-kerja kemanusiaa.

“Jika cari orang yang baru agak sulit, karena dia harus belajar, harus memahami. Bu Tatu ini kerjasama dengan pemerintah berjalan baik, dengan masyarakat luar biasa,” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, sehari menjelang hari ulang tahun PMI ke-77, dilakukan pemotongan tumpeng bersama. Dalam merayakan ulang tahun PMI ini, PMI kabupaten/kota akang menggelar berbagai kegiatan di masing-masing daerah, Sabtu (17/9/2022).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *