Perguruan Pencak Silat Terumbu, Bandrong dan TTKKDH Ramaikan Golok Day Reborn 2022 Kota Cilegon

0

Citizen Juornalism : Tri Budi / Babay Suiah – Editor In Chief : Hairuzaman.

CILEGON, Harianexpose.com

Hadir dalam Festifal Golok Day Reborn 2022 ini antara lain, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, H. Al Hamidi, Ketua IPSI Provinsi Banten, H. Ajat Sudrajat, Walikota Serang (Ketua Bandrong Banten), H. Syafrudin, Wali Kota Cilegon, H. Helldy Agustian, S.E., S.H., M.H dan Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta, S.IP, Abah Jamhari Sakti, Ketua IPSI Cilegon, H. Muharman Koto, Kapolres, Dandim, Danlanal, Ketua Panitia, Rufaji Zahuri, tokoh masyarakat Ketua DPRD Cilegon, Isro Mi’raj, serta dimeriahkan artis Penyanyi Opick.

Ketua DPD Perguruan Pencak Silat Terumbu Banten sekaligus Wakil Ketua Bidang Prestasi di IPSSI Kota Cilegon, Feriyana, mengatakan, Golok Day Reborn 2022 ini menjadi moment bersejarah bagi Cilegon, Banten, dan Indonesia.

“Karena kita memelihara semangat Kiai Wasyid, Oejuang yang memimpin perang Geger Cilegon pada semangat ini tetap dipelihara dengan penyelenggaraan Golok Day Reborn 2022. Setelah sempat vakum karena di dera pandemi Covid-19, kini digelar lagi. Kita berharap ke depan, pandemi Covid-19 yang semakin mekandai, Golok Day menjadi event tahunan,” ujarnya.

Feri menambahkan, Golok Day Reborn ini mewariskan budaya leluhur dengan menjaga semangat Kiai Wasyid dalam peristiwa Geger Cilegon. Namun, Golok Day Reborn 2022 ini bukan lagi mengusir orang, penjajah pada masa lalu, dengan golok atau pertumpahan darah.

Festival Golok Day Reborn merupakan suatu acara kebudayaan untuk melestarikan senjata golok khas Cilegon dan sebagai ajang silahturahmi para Pendekar silat di Kota Cilegon. Golok menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan para Pendekar silat yang dulu memperjuangkan Kota Cilegon pada saat masa penjajahan.

“Di setiap kegiatan yang berlatar belakang kebudayaan para Pendekar di Kota Cilegon selalu membawa golok. Pada ghalibnya golok sendiri menjadi pelengkap busana Pendekar silat. Karena peran golok yang selalu bersama dengan para Pendekar inilah yang menjadikan golok sebuah acara festival untuk mengingatkan perjuangan para Pendekar dalam melawan penjajah pada tempo dulu,” ungkapnya

Golok Day Reborn 2022 merupakan event dalam rangkaian peringatan HUT ke-22 Provinsi Banten ini. Sekitar 3000 peserta mengenakan pakaian pendekar silat dan kaos Golok Day Reborn 2022 dengan membawa serta aksesoris golok beraneka jenis. Golok Day Reborn 2022 berthema “Dari Cilegon Untuk Dunia” diisi dengan kirab 100 kendaraan kendang Pencak Silat dari Pintu Tol Cilegon Timur sampai Stadion Krakatau, Gembrung Bersama, atraksi dan pagelaran seni bela diri pencak silat, atraksi debus kolosal dari 16 perguruan silat, juga pelantikan dan pengukuhan IPSI Cilegon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *