DMI Provinsi Banten Gelar Seminar Manajemen Pemberdayaan Masjid

0

Reportase : Ahmadin – Editor In Chief : Hairuzaman

Kota Serang, Harianexpose.com |

Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Banten, bekerjasama dengan DMI Kota Serang, BPKH dan Bank Muamalat, menggelar seminar tentang Manajemen Pemberdayaan Masjid. Kegiatan itu bertempat di Masjid Raya Al-Bantani, KP3B, Curug, Kota Serang, pada Kamis (6/10/2022).

Hal itu dikatakan Ketua DMI Kota Serang, H. Komar, kepada awak media, pada Kamis (6/10)2022). Menurut ia, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para Ketua DKM dalam mengelola masjid. Spesifiknya dalam bidang keuangan seperti, peningkatan digitalisasi keuangan seperti Q Ris.

H. Komar selaku Ketua DMI Kota Serang berpandangan bahwa banyak di wilayah Kota Serang, lahan wakaf masjid yang tidak diberdayakan. Hal itu mengingat SDM yang kurang menguasai mengenai tata kelola keuangan masjid yang baik. Karena itu, seminar ini merupakan salah satu solusinya.

Sementara itu, Ketua DMI Provinsi Banten, H. Rasna, mengungkapkan, salah satu fungsi masjid selain sebagai tempat ibadah, juga berfungsi sebagai Tarbiya dan Muamalah. Karena itu, DMI Banten menggandeng Bank Muamalah dan pihak lainnya yang merupakan bagian dari fungsi muamalah.

Hadir dalam acara itu antara lain, Kepala Kanwil Kemenag Banten, Dr. H. Nanang Facturochman, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Banten, Ketua DMI Provinsi Banten, BKPH, Bank Muamalat serta Ketua DMI Kota Serang.

Kepala Kanwil Kemenag Banten, Dr. H. Nanang Fatchurochman, menjelaskan, kegiatan apapun ada uang baru berjalan. Akan tetapi, harus mempunyai inisiasi untuk sebuah kegiatan melalui kerjasama dengan pihak lain.

“Karena membangun keumatan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah atau satu lembaga saja. Namun, merupakan tanggungjawab kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *