SMK Nurul Huda Desa Sukamanah Peringati HSN 2022

0

Reportase : A. Rochim /bYani Sumiati – Editor In Chief : Hairuzaman.

Kab. Serang, Harianexpose.com|

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN)  2022, yang dilakukan SMK Nurul Huda  Kp. Sawah, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Jabupaten Serang Nanten, di gelar di halaman setempat, pada Sabtu (22/10/ 2022).

Diketahui, Upacara HSN dilakukan secara bersama sama dari mulai pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan di lanjutkan mengheningkan do’a. Tampak hadir para dewan guru dan seluruh siswa SMK Nurul Huda.

Dalam penyelenggaraan HSN tahun 2022, selaku Pembina Upacara sekaligus Oembacaan Teks Pancasila dipimpin langsung oleh Kepala SMK Nurul Huda, H. Aef Saefullah SPdi.

Kepala SMK Nurul Huda Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten setanf, H. Aef Saefullah, SPd.i, mengungkapkan, peringatan HSN setiap tahunnya harus dilaksanakan setiap 22 Oktober 2022. Adapun thema HSN tahun 2022 ini adalah “berdaya menjaga martabat kemanusiaan”.

“Maksudnya santri itu dalam kesejahteraannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Kketika Indonesia memanggil, maka santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarma baktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” tandasnya.

Aef menjelaskan, dulu ketika Indonesia masih dijajah para santri turun ke medan laga dan berperang melawan penjajah. Dengan menggunakan bambu runcing yang terlebih dahulu di do’akan Kyai Wasid di Cilegon, yang merupakan santri Syekh Nawawi Al-Bantani, mereka tidak gentar melawan musuh. Maka terjadilah peristiwa besar bernama “Geger Cilegon”.

Kepala SMK Nurul Huda Baros, Aef menyampaikan terima kasih kepada seluruh Dewan Guru, Staf Tata Usaha dan para siswa, beserta para santri Nurul Huda, yang pada hari ini sedang bersuka cita merayakan HSN tahun 2022 dan kelahiran Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah.

“Saya berharap untuk ke depannya, semoga HSN bisa lebih meriah apabila dibandingkan dengan tahun sekarang, Santri khususnya di Kecamatan Baros ini memiliki tanggung jawab yang besar,” bebernya.

Puncak acara peringatan HSN tahun 2022 ditutup dengan do’a dan dilanjutkan dengan melakukan ziarah bersama ke maqom sesepuh. Salah satunya KH. Muhammad Hilmi dan KH. A. Matin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *