Masyarakat Jangan Takut Lapor Jika Ada KDRT

0

Reportase : H. Mubayyan – Editor In Chief : Hairuzaman

Cilegon, Harianexpose.com |

Masyarakat di Kota Cilegon jangan sungkan dan takut apabila menemukan tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terutama yang menimpa pada diri perempuan dan anak.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Cilegon, siap dan sigap dalam pencegahan dan penanganan terkait kasus kekerasan yang akhir-akhir ini marak di tiap daerah tidak terkecuali di Kota Cilegon.

Kepala Bidang Pengarustamaan Gender Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan ( PUGPPP) DP3APPKB Kota Cilegon, Muhyi Subki, belum lama ini mengatakan, apabila ada tindak kekerasan terutama pada anak dan perempuan atau KDRT, maka masyarakat jangan takut dan sungkan untuk melaporkan.

Menurut Muhyi, memang di Kota Cilegon apabila ada tindak kekerasan atau KDRT masih jarang yang lapor pada kami. “Mungkin malu atau dianggap sebagau aib, Padahal hal itu penting untuk perlindungan ujarnya.

Muhyi mengatakan, sudah saatnya lapor apabila ada tindak kekerasan dan tindakan semena-mena dari orang yang tidak bertanggung jawab. “Kami sering mengadakan sosialisasi baik di kelurahan maupun kecamatan tentang dampak yang terjadi di masyarakat dan dibantu UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak. Dinas kami siap dalam upaya pencegahan.

Kepala UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Masita, menjelaskan, kami UPTD PPA sering memberikan penyuluhan kepada para kader perempuan baik di kelurahan maupun kecamatan akan arti pentingnya perlindungan anak dan perempuan.

“Jangan takut bersuara apabila ada tanda-tanda kekerasan pada keluarga. Kami berupaya menangani jika itu diperlukan dan adanya laporan,”  katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *