Lebih Dekat Dengan Hattor Tampubolon, Gulirkan Program Imigrasi Masuk Desa

0

Reportase : Maswi / Ahmadin – Editor In Chief : Hairuzaman.

Kota Serang, Harianexpose.com |

Dalan rangka mensosialisasikan dan melakukan pencegahan pekerja migran Indonesia non prosedural, Kantor Imigrasi Non TPI Kelas 1 Kota Serang, telah menggulirkan program “Imigrasi Masuk Desa”.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Kota Serang, Hattor Tampubolon, ketika bincang-bincang dengan awak media, usai menggelar Sosialisasi Pencegahan Pekerja Migran Indonesia Non TPI, bertempat di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, pada Selasa (20/12). Menurut ia, kegiatan sosialisasi bagi para pekerja migran itu guna mencegah adanya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal atau yang non prosedural.

Hattor menguraikan, dalam acara itu pihaknya mengundang para kepala desa yang ada di wilayah Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Termasuk kalangan Ormas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Ia betharap para kepala desa dan elemen masyarakat juga ikut berperan dalam mensosialisasikan dan mencegah adanya pekerja migran Indonesia yang non prosedural lantaran dinilia melanggar hukum.

“Banyak pekerja migran yang menggunakan Paspor Turis yang bertolak ke negara Thailand, Singapura dan beberapa negara tujuan lainnya, akan tetapi mereka ternyata menggunakannya untuk bekerja. Sehingga hal itu dinilai telah melanggar regulasi yang ditetapkan okeh pemerintah,” tandas Hattor.

Karena itu, lanjut Hattor, pihaknya terus berupaya untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat pekerja migran agar menempuhnya secaa prosedural sesuai dengan aturan dan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Di wilayah Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, misalnya, pihaknya juga telah mensosialisasikannya dengan program “Imigrasi Masuk Desa”.

Hattor berharap nantinya tidak ada lagi pekerja ilegal dari Provinsi Banten. Pasalnya, mereka kerap masih kedapatan menggunakan Paspor Turis, namun ternyata disalahgunakan untuk bekerja dan bermukim di negara tujuan. Tak pelak, sehingga banyak TKI ilegal yang di deportasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *