Kondisinya Tak Layak, PAUD Al-Bunayyah Kelurahan Kaligandu Butuh Suntikan Dana

0

KOTA SERANGHarianexpose.com |

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Bunayyah Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, saat ini tampak kondisinya sangat memprihatinkan. Pasalnya, bangunan PAUD Al-Bunayyah tersebut tersebut tampak begitu kumuh dan tak layak. Selain itu. Kondisi atap gentengnya juga sudah lapuk lantaran dimakan usia.

Hal itu dikatakan Kepala Sekolah PAUD Al-Bunayyah Kaligandu, Dewi Sri Masriah, S Ag, kepada awak media, pada Sabtu (14/1/2024). Menurut ia, sejak berdiri pada tahun 2012 silam, PAUD Al-Bunayyah belum pernah mendapatkan bantuan dana untuk rehb gedung dan ruang kelas dari pemerintah. Sehingga wajar saja apabila kondisi bangunannya dinilai tidak layak untuk digunakan sebagai sarana pendidikan.

Dewi mengungkapkan, saat ini jumlah siswa PAUD Al-Bunayyah tercatat sebanyak 35 orang siswa dan telah meluluskan pada tahun pelajaran 2022/2023, “Kami menggratiskan biaya pendidikan, termasuk biaya SPP selama 6 bulan,” terangnya.

Menurut Dewi, sebelum masuk jenjang pendidikan SD, sesuai Peraturan Walikota (Perwal) Serang, wajib untuk sekolah pada jenjang PAUD. Namun, sampai waktunya sama sekali tidak ada yang mendaftar. Sehingga kami berinisiatif untuk menggratiskan biaya pendidikan. “Padahal, kami tetap harus membayar hak guru berupa honotarium kendati SPP digratiskan selama 6 bulan,” bebernya.

Mulai Januari 2023 ini, lanjut Dewi, pihaknya harus memungut biaya untuk SPP kepada anak-anak. “Bagi kami yang penting adalah anak-anak bisa belajar kendati uang bangunan, SPP harus digratiskan. Bahkan, untuk seragam kaos pun kami juga gratiskan,” tukasnya.

Dewi menambahkan, jumlah guru PAUD Al-Bunayhah tercatat 1 orang, tenaga operator 1 orang, pengelola 1 orang dan 1 orang Bagian Tata Usaha (TU). “Saat ini kami masih menerima formasi untuk guru. Karena PAUD Al-Bunayyah masih membutuhkan untuk tenaga guru,” katanya

Dewi berharap ke depannya dengan hanya luas bangunan 25 M² X 6 M² iti bisa direnovasi. Bangunan PAUD harus dibangun 2 lantai. Sebab, lantai 1 itu untuk tempat brrmain anak. Karena kondisinya memang sudah tidak layak lagi untuk proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Ia menambahkan, PAUD Al-Bunayyah selama ini baru nenerima bantuan Biaya Operasional Pendidikan (BOP). Semoga pihak Penerintah Kota Serang, terutama Dinas Pendidikan Kota Serang, bisa membantu untuk merenovasi bangunan PAUD Al-Bunayyah menjadi 2 lantai. Sebab, animo belajar para siswa terbilang cukup tinggi (Hrz/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *