H. Rhoma Irama : “Jangan Pernah Tinggalkan Shalat 5 Waktu”

0

Reportase : Ahmadin – Editor In Chief : Hairuzaman.

KOTA SERANGHarianexpose.com |

Penceramah kondang, H. Rhoma Irama, menegaskan, jangan pernah kita meninggalkan shalat 5 waktu. Karena, shalat itu merupakan tiangnya agama. Di alam akhirat kelak yang akan dihisab terlebih dahulu adalah tentang ibadah shalat kita

Hal itu ditegaskan H. Rhoma Irama, ketika memberikan tausiyah
dalam rangka Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, di lapangan Lingkungan Sewor, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, pada Minggu (29/1/2923).

Menurut Rhoma Irama, shalat merupakan ibadah wajib untuk semua umat Islam. Ayat tentang shalat juga telah tertulis dengan jelas di dalam Al-qur’an. Ayat tentang shalat wajib 5 waktu yang ada di dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 238 yakni :

“Hāfiẓụ ‘alaṣ-ṣalawāti waṣ-ṣalātil-wusṭā wa qụmụ lillāhi qānitīn”

Artinya :
“Peliharalah semua shalat (mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa (salat lima waktu). Berdirilah untuk Allah (dalam salatmu) dengan khusyu’,” (QS. Al-Baqarah [2]: 238).

Selain itu, lanjut Rhoma, masih banyak ayat yang mengulas tentang shalat 5 waktu dalam Al-Qur’an seperti dalam QS. An Nisa Ayat 103 yakni :

“Fa iżā qaḍaitumuṣ-ṣalāta fażkurullāha qiyāmaw wa qu’ụdaw wa ‘alā junụbikum, fa iżaṭma`nantum fa aqīmuṣ-ṣalāh, innaṣ-ṣalāta kānat ‘alal-mu`minīna kitābam mauqụtā”

Artinya:

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman,” (QS. An-Nisa [4]: 103).

Rhoma menuturkan, pernah suatu ketika ada orang yang datang kepada saya dan mengatakan bahwa dia punya banyak harta dan sering bersedekah. “Jadi, saya cukup dengan melakukan ibadah sedekah saja,” kata Rhoma menirukan orang tersebut.

“Saya tegaskan bahwa sedekahmu itu tidak akan diterima oleh Allah SWT dan masuk surga, kendati jumlah harta yang disedekahkan itu miliaran rupiah. Jika tidak mengerjakan perintah shalat 5 waktu. Sebab, yang pertama kali akan dihisab itu adalah shalat,” tandasnya.

Rhoma menjelaskan, selain Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk mengerjakan shalat 5 waktu, kita juga harus melaksanakan ibadah lainnya seperti, puasa, zakat dan haji bagi orang yang mampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *