Dinas Pertanian Banten dan PT. Pupuk Indonesia Gelar FGD Penyaluran Pupuk Bersubsidi

0

Reportase : Maman Suherman / Ahmadin – Editor In Chief : Hairuzaman.

KOTA SERANGHarianexpose.com |

Dinas Pertanian Provinsi Banten bekerjasama dengan PT. Pupuk Indonesia, yang merupakan salah satu distributor pupuk bersubsidi menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD). Kegiatan FGD itu bertempat di Hotel Le Dian Kota Serang, Banten, pada Senin (30/1/2023).

Hadir dalam acara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Ir. H. Agus M. Tauhid, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Banten, Yuniarso, dan PT. Pupuk Indonesia, Agus Susamto.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Ir. H. Agus M. Tauhid. (Foto : Istimewa) .

Tampak hadir pula ratusann peserta pelaku usaha kios dan para pengecer pupuk bersubsidi dan non subsidi dari kabupaten/kota  se-Wilayah Provinsi Banten.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Ir. H. Agus Tauhid ,mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten pada tahun 2023 ini telah bekerjasama dengan PT. Pupuk Indonesia untuk menyalurkan pupuk kepada para petani. Sedangkan untuk pupuk bersubsidi dengan jenis urea dan Npk

Manager Regional 3 Pulau Jawa dan Sunatera PT. Pupuk Indonesia, Agus Susanto. (Foto : Istimewa)

“Kami pastikan ketersediaan pupuk bersubsidi untuk para petani di wilayah Provnsi Banten akan tercukupi. Passlnya, stock pupuk saat ini untuk wikayah Provinsi Banten cukup guna memenuhi kebutuhan para petani,” terangnya.

Masih menurut Agus Tauhid, terkait ketahanan pangan di wilayah Provimsi Bsnten, pihaknya juga akan menyalurkan pupuk bersubsidi dan non subsidi bukan hanya untuk petani padi saja, melainksn juga untuk jenis tanaman palawija yang meliputi: – Biji-bijian seperti:, cabe, jagung dan jenis kacang-kacangan seperti: kedelai, kacang tanah dan kacang hijau serta tanaman lainnya.

Sememtara itu, Manager Regional 3 PT. Pupuk Indonesia wilayah Pulau Jawa dan Sumatera, Agus Susanto, kepada awak media, menjelaskan, untuk ketentuan penyaluran pupuk sekarang ini harus sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Contoh pada tahun 2023 ini penyaluran pupuk hatus sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.4 Tahun 2023 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian.

Agus Susanto mengungkapkan, acara FGD yang diikuti oleh ratusan penyalur pupuk ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta terkait ketentuan penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani.

“Sehingga diharapkan peserta FGD akan dapat memahami ketentuan pemerintah mengenai penyaluran pupuk bersubsidi kepada para petani,” bebernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *