Warga Sumur Tangkap Buaya Muara Yang Terkam Pemancing

0

Kepala desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Cecep Mulyadi, berfoto di atas buaya yang di tangkap warga, pada Minggu (30/4/2023) kemarin. (Foto : Istinewa).

Reportase : Endang Jubaedi – Editor In Chief : Hairuzaman

PANDEGLANGHarianexpose.com |

Warga Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akhirnya berhasil menangkap buaya yang sempat menerkam pemancing ikan di muara Pantai Sumur, pada Minggu (30/4/2023)

Masyarakat Sumur merasa khawatir akan keselamatan jiwanya. Akhirnya dengan bersama-sama warga melakukan penangkapan buaya liar tersebut. Saat ini tengah menunggu pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Banten, untuk mengambilnya.

Buaya yang ditangkap warga saat ini berada di Polsek Sumur menunggu dibawa ke tempat penangkaran oleh BKSDA Provinsi Banten. (Foto : Istimewa).

Alex (55), salah seorang Tokoh Masyarakat Sumur yang ikut menangkap buaya, mengungkapksn, buaya yang sempat meresahkan masyarakat pasca menerkam pemancing, pada Minggu (30/4)2023) kemarin, sekitar pukul 23.00 WIB, berhasil ditangkap. Hal itu berkat kekompakan masyarakat upaya untuk menangkap buaya pun akirrnya berhasil.

“Setelah Magrib, kami bersiap-siap untuk menangkap buaya muara dengan peralatan seadanya,” kata Alex, seraya menambahan tetapi bukan saat ini saja, malam sebelumnya warga terus mengawasi keberadaan buaya muara tersebut “Namun, baru malam ini buaya liar itu tertangkap,” ujarnya.

Selain masyarakat juga pawang buaya dari wilayah sekitar Kecamatan Sumur dilibatkan dalam proses pencarian buaya itu. Buaya dengan berukuran panjang 3,8 meter setelah ditangkap oleh masyarakat, kemudian diserahkan ke Polsek Kecamatan Sumur.

“Kendati buaya ini binatang ganas menakutkan dan ada warga yang diterkam, tetapi karena buaya merupakan binatang yang dilindungi, maka kami berupaya menangkap binatang itu hidup-hidup. Buaya lalu dibawa beramai-ramai oleh warga ke Polsek Sumur, sambil menunggu pihak BKSDA Provinsi Banten menjemput buaya itu untuk dibawa ke tempat penagkaran”, bebet Alex.

Sementara itu, menurut Padil (55), warga Sumur, apakah buaya yang ditangkap sekarang itu.merupakan buaya yang menerkam pemancing ikan pada Minggu kemarin atau bukan, kami tidak tahu, Sebab, diduga buaya di Muara Pantai Sumur lebih dari satu jumlahnya,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *